Thursday, July 28, 2011

Phobia Bawang


Hampir setiap orang punya ketakutan terbesar terhadap sesuatu. Entah itu binatang, rasa sakit, atau bahkan sama benda mati. Lucu aja gitu kalo misalnya ketemu sama orang yang phobia sama sesuatu.
Contoh:
“Ke, dimakan kali itu onion ringsnya, udah capek-capek juga dibikinin buat lo-_-”
“Emmm, gueeeee, gak suka bawang”
“Hah apa? Kan enak itu onion ring, ke!”
“Tetep aja, rasanya kayak ada yang nyangkut aja gitu di tenggorokan pas lagi dimakan”
“Yah tapi..................... *speechless*”



Percakapan tadi adalah fakta, dan gue jadi pemeran utamanya, pas lagi di rumah temen. Rasanya emang gak enak ya kalo nolak pemberian temen, nolak emang sebuah tindakan yang paling bikin gak enak hati deh. Tapi mau gimana ya, kalo gak suka, emang susah. Tapi ini sih kasus biasa, ada yang lebih parah. Misalnya, ada sodara gue yang takut banget sama darah.  Misalnya, ada anak kecil yang jatuh terus berdarah. Eh dia malah teriak-teriak gak jelas terus pingsan. Zzzz yang jatuh siapa, yang pingsan siapa hahahaha.
Gue punya phobia sama bau yang tidak sedap, kalo nama kerennya sih Autodysomophobia. Dari segala yang gak sedap, menurut gue bawang lah yang memegang posisi pertama. Dari segala jenis bawang, gue paling benci sama daun bawang. Huek! Rasanya ngebayanginnya pengen muntah aja. Kalo bawang putih sih kalo udah diolah di dalem masakan, udah gak berasa banget. Lah kalo daun bawang? Tetep aja berasa dan baunya itu loh! Hueeeeeeeeeeeek! 11:12 lah ya sama bawang merah. Momen-momen antara gue&bawang yang tak terlupakan:
1.       Jaman SMA. Sekolah gue kan lumayan jauh ya dari rumah. Jadi, gue berangkatnya pagiiiiiiiiiiii banget. Sekitar jam setengah 6 lah ya dari rumah. Biasanya sih nebeng sama adek gue, tapi kalo adek gue kesiangan bangun, otomatis gue berangkat sendiri dan naik angkot. Lo tau apa yang terjadi di dalem angkot? FYI, kalo berangkat sekolah, gue emang selalu-pasti-mutlak-kapanpun ngelewatin Pasar Pondok gede fufufu. Dan angkot yang gue naikin, pasti dinaikin sama orang-orang yang baru belanja di pasar. Huff ini sih masih biasa. Yang gak biasa itu kalo misalnya bareng sama emak-emak yang bawa sekarung daun bawang ke dalem angkot. Entah gue gak ngerti tujuan dia beli bawang sebanyak itu untuk apa, jualan kali yak-_-. Kalo udah kayak gitu, gue cuma bisa nahan muntah, muka gue pucet setengah ampun, rasanya pengen turun dari angkot aja, tapi..........tapi.........sayang ongkosnya hahahaha #maklumanaksekolah. Pas sampe sekolah, rasanya kayak nge-fly aja gitu. Terbang-terbang puyeng ;#
2.       Lagi-lagi pas jaman SMA, dan masih ada hubungannya sama angkot. Gue inget banget hari itu gue lagi pake rok abu-abu pendek. Entah hari Selasa apa Rabu. Pagi-pagi buta gue berangkat sekolah, dan naik angkot yang-kayaknya bekas dinaikin sama orang yang baru belanja di pasar. Masih ada bekas-bekas daun bayem ketinggalan gitu di angkotnya. Dan, pas gue duduk di joknya. You know what? Rok gue langsung basah. Mending basah karena air biasa. Lah ini? bau air sayuran ditambah bawang. Ya Allah rasanya mau nangis aja di angkot. Jackpot banget hari itu. Sumpah ya lo harus tau penampakan rok gue hari itu kayak apa. Sampe sekolah, gue malu banget sama temen-temen, ditanyain kenapa rok basah, akhirnya gue jelasin atu-atu fiuuuuuuuuuuuuh!
3.       Ini sering banget kejadian. Misalnya gue lagi mesen bubur ayam. Udah bilang nih sama abangnya, “bang, nggak pake bawang-bawangan ya”. Terus abangnya “iya neng”. Eh pas buburnya udah jadi, tiba-tiba gue teriak “BANG INI KOK BANYAK BAWANGNYAAAA?”, dengan muka innocent-nya abang menjawab “eh iya neng maap saya lupa. Mau diganti apa?, gue “gausah dah”. Alhasil gue dengan sabarnya misahin keluarga bawang itu satu-satu dari mangkoknya. Nambah kerjaan aja kan zzzzzz.
4.       Suatu hari, mungkin pas gue masih SMP, lupa! Nyokap ngajak ke pasar, pasar tradisional. Ehem gue emang agak males yang namanya ke pasar, bukan karena apa yak. Tapi yaaaa....... Gue jalan biasa aja, pas di los bawang putih, dan nyokap lagi milih-milih gitu. Tiba-tiba gue pusing mual, dari mata gue Cuma ngeliat putih-putih. Yak, gue nyaris pingsan. Pucet. Langsung dibawa ke warung deket situ, terus minum teh panas apa ya kalo ga salah. Entah karna gue belom makan juga apa, lupa, yang jelas faktor utama karena bau bawang. Itu alesan gue males ke pasar.
Sebenernya bukan sama tumbuhan yang bahasa inggrisnya onion aja, ada beberapa bau lagi yang bikin gue gak konsen, hilang kendali, dan nyaris pingsan dibuatnya. Tapi kalo gue ceritain disini, kayaknya kepanjangan-__- hem someday deh gue bakal ceritain hahaha.
Dan, masih ada yang jauh lebih gue takutin daripada bau-bauan aneh, ayo tebaaaaaaaaaaaaak! Apaaaaaaaaaaaaaa? Jawabannya adalah orang gila. Kenapa gue takut orang gila? Karena, gue pernah mengalami kejadian yang menghasilkan traumatis mendalam bagi hidup gue hiks #curhat. Yumareh gue ceritain:
Dahulu kala, ketika gue masih duduk di bangku kelas 3 SD, bokap nyokap gue mau ke minimarket deket rumah, mau beli minyak apa ya kalo ga salah. Dan, gue merengek-rengek minta ikut-_-. Alhasil gue ikut, dan ketika sampai di depan minimarket, ada orang gitu, umurnya sekitar 20an mungkin, bermodalkan ember dan gayung, nawarin bokap buat cuci motor. Jelas bokap gak mau lah ya, secara caranya dia yang agak maksa dan modelnya yg aneh. Karena gue takut sama orang ini, gue bilang bokap biar jalan aja. Nyokap biarin di minimarket. Pas motor udah jalan, tau gak sih orang itu, ngejar-ngejar bawa kayu, padahal jalanan lagi lumayan macet. Dan gue? Dipukul pake kayu yang dia bawa. Astaga itu takutnya bukan main, nangis kejer lah gue. Bokap gue malah diem aja loh sumpe, bukannya mukul balik tuh orang. O em jih. Beberapa hari kemudian, gue baru tau kalo dia orang gila hhhhh.
Lagi-lagi ketika gue masih kelas 3 atau 4 SD gitu, lagi pengen berangkat les bahasa Inggris, sialnya hari itu gak ada yang bisa nganterin, jalan sendiri kan akhirnya. Nah, pas deket gerbang keluar komplek, tau gak gue ketemu siapa? Ketemu orang yang waktu itu mukul gue. Lagi dan lagi, gue pucet. Dia dateng dari arah luar komplek, berhadapan gitu lah posisinya. Nervous abis #eh. pengen mundur, takut dikejar. Pengen maju, takut ditakol. Alhasil gue jalan cepet dengan muka nunduk. Tau gak dia teriak apa? Dia teriak “Ih orang gila ih!” (sambil ketawa2 sendiri). Sumfe gue gak bo’ong. Gila teriak gila. Rasanya kalo badan gue segede samson, pengen gue tarik terus lempar ke kali-__- Huffff akhirnya gue lari menuju angkot dan banyak berdoa.
#Bencana adalah si orang itu rumahnya deket rumah gue yang sekarang ini. ya Allah mimpi apaan yak gue. Pas lebaran, kan lagi rame tuh di rumah, pager ga ditutup, eh dia nyelonong masuk minta duit. Dan bokap gue malah ngasih. Rawr banget ih. Entahlah bokap gue kebaikan apa gimana. Terus tuh orang jadi makin songong, tiap ngeliat bokap gue, minta duit. Dan, akhirnya-finally-happily bokap gue marahin hahahahaha. Dan dia gak lagi mengusik kehidupan gue. Oh ya, saking parnonya gue sama orang-semacam-itu. Gue sampe percaya mitos yang sering dibilang nenek gue. Kata beliau, kalo suka gendang-gendang (mukul-mukul kaleng misalnya) itu “ngundang” loh. Ngundang si orang itu. Dan anehnya, entah karena sugesti yang berlebih atau apa, apa yang dibilang nenek gue bener. Kalo misalnya gue abis mukul-mukul apa gitu, eh beberapa jam kemudian atau besoknya gue bakal ketemu orang begituan aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah tidaaaaaaaaaaaaaaak!
Udahan dulu ya ceritanya. Aib banget nih, malu-maluin. Jangan diketawain please ;;) Sampe ketemu di postingan selanjutnya! Daaaaaaaaah
Share with the world:

15 comments:

richaaaaaaaaa said...

hidup lu kok gak jauh jauh dari orang2 stres sih ke? heran gue dimana2 ketemu orang gila mulu -____-

Keke said...

Iyak, ironis banget emang hidup gue. Apalagi kalo ketemu lo ya, tambah banyak deh daftarnya-_-

chebe said...

untung phobia darah gue nggak seekstrim sodara lo yang sampe pingsan -___-

Keke said...

iya cheb-_- emang sodara gw rada lebay juga takutnya ngahaha

bharaaawr said...

HAHAHAHAHAHAHAHA sumpah demi kocaaaaaaak parah

Keke said...

akoh maloooooooo-_________-

Ahmad Firdaus said...

Klo phobia kegantengan apa ya??? :3

Keke said...

Huahaha emang ada ya? Kasian bener dong yang ganteng2 ditakutin :3

Claude C Kenni said...

Phobia bawang? Waw, unik banget, gua baru denger kali ini. Tapi seru dan kocak abis ceritanya, heheh. Mungkin diem2 lu ada turunan vampir makanya benci banget sama bawang.

Salam kenal ;p

Keke said...

Hahaha apa? turunan vampire? Yakali ngeri juga ya-__-
Salam kenal :)

Fera Komalasari said...

Saya fikir didunia ini hanya saya yg benci setengah mati sama Bawang
jangankan ngelihat bentuknya
ortu dirumah aja kalau sebut2 bawang bawaanx mau emosi
Bahkan kalau sampai ada bekas bawang walau cuma kulitnya doang, emosi langsung memuncak mau marahin orang2 sekampung
Benci sebenci-bencinya sama bawang
ternyata ada juga selain sya yg phobia bawang :D

Unknown said...

banyak yang bilang phobia bawang itu aneh, dan saya merasa mungkin ada benarnya.. soalnya dari kecil benciiii banget sama bawang. Jangankan sama baunya, kalau ada yang masak trus sisa2 kulitnya berceceran aja bikin emosi bercampur enek. hahahah

Retno Andini said...

baru baca komentar yang ini hahaha sama banget! tapi sekarang udah belajar buat gak begitu benci. makan apa-apa udh berani pake tambahan bawang (misal, bubur). ternyata phobia bisa berkurang kalo kitanya yakin hehe

Retno Andini said...

iyaaa, aneh bagi sebagian orang ya. dulu mah saya bener-bener benci banget x)) ngeliat bentukannya aja rasanya pengen buang muka ih... hihi

S Jaden said...

Be that as it may, they by the by find that when they are presented to that thing or circumstance, or even simply considering it.!
cure the fear of holes

 
Designed by Beautifully Chaotic