Sunday, April 14, 2013

Menjaga

Aku sangat sedang merindukan tulisan namun sayangnya aku sedang tidak bisa lancar menulis. Beberapa kali kusempatkan untuk blogwalking, setidaknya aku masih bisa menguyah sekumpulan tulisan indah dari orang-orang yang kutemui di dunia jaringan bernama internet ini. Dan anehnya, dari sekian tulisan yang sempat kubaca, sebagian besar adalah tentang kehilangan dan perasaan yang amat sulit untuk dideskripsikan karenanya.
Apakah kamu pernah merasakan kehilangan beberapa orang istimewamu dalam hanya jangka waktu 10 tahun? Aku sendiri tidak pernah terbayang akan hal itu. Namun, ada dari kita yang pernah melewatinya dengan sekumpulan perasaan yang dia pikir tidak akan ada orang yang mengerti perasaannya saat itu, atau bahkan sampai kini. Beberapa dari kita mungkin tidak pernah menyadari tentang berharganya seseorang dalam hidup kita, terdengar klise, namun untuk kali ini sepertinya ini serius. Ah ya, susah sekali untuk meyakinkan.

 Sekarang aku mengerti tentang beberapa orang di sekelilingku yang benar-benar menjaga, yang kadang terlihat berlebihan, kepada orang yang begitu penting dalam hidupnya. Bagi mereka yang bilang kalau hal tersebut sebagai bentuk insecure, bolehkah aku bilang kamu belum begitu dewasa? Maaf kalau agak menyebalkan. Namun, aku memang sedang agak on fire tentang ini, akibat mengetahui penyebab mengapa beberapa orang memutuskan untuk sepenuhnya memeluk erat kondisi orang yang disayangi. Karena mereka, sudah begitu hafal sakitnya rasa kehilangan. Karena mereka, menyadari betapa yang hilang itu telah menyumbangkan banyak kebahagiaan untuk hidupnya. 
Maaf aku bukan sedang sok mengerti, tetapi apakah lebih baik aku juga mulai belajar untuk benar-benar menjaga? Sebelum hal yang menyakitkan dan pasti terjadi itu datang? :) Sebelumnya, aku pun termasuk orang yang suka menganggap 'mereka yang benar-benar menjaga' itu lebay, berlebihan. Namun tidak dengan sekarang.
Berbeda dengan insecure, yang definisinya ada pada http://dictionary.reference.com

in·se·cure
[in-si-kyoor] 
adjective
1. subject to fears, doubts, etc.; not self-confident or assured: an insecure person.
2. not confident or certain; uneasy; anxious: He was insecure about the examination.
3. not secure; exposed or liable to risk, loss, or danger: an insecure stock portfolio.
4. not firmly or reliably placed or fastened: an insecure ladder.
Bisa lihat bedanya, kan? Sering juga beberapa yang bilang itu adalah bentuk keposesifan, dengan makna sementara yaitu benar-benar mendekap erat tanpa memberikan space untuk bergerak. Let you know:

pos·ses·sive

[puh-zes-iv] 
adjective
1. jealously opposed to the personal independence of, or to any influence other than one's own upon, a child, spouse, etc.
2. desirous of possessing, especially excessively so: Young children are so possessive they will not allow others to play with their toys; a possessive lover.
3. of or pertaining to possession or ownership.
4. Grammar . 
5. the possessive case.
6. a form in the possessive.
Beda, bukan? Aku tidak bermaksud untuk membahas arti kata melalui kamus online, namun hanya ingin membantu sedikit untuk pelurusan makna. Agar kita tidak mudah tersesat, tidak mudah mengeneralisasikan suatu dengan hal yang tidak umum. Terima kasih sudah ikut bingung bersama :)
Berikanlah 3 menit sebelum tidurmu untuk hening sejenak, lalu bersyukur karena Allah telah memberikanmu kesempatan untuk menyayangi dan disayangi. Dan berdoalah, semoga orang-orang yang begitu baik kepadamu itu selalu diberikan kondisi baik, dapat melihat matahari yang sama setiap pagi menjemputmu untuk membuka mata♥
"Kamu tidak pernah tahu tentang seberapa pentingnya menjaga orang yang sangat menyayangimu, sebelum pernah merasa kehilangan seseorang yang sangat kamu sayangi."
-Retno Andini
15 April 2013
Share with the world:

1 comment:

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic