Sunday, March 23, 2014

Mata?

Seberapa banyak kata yang membutuhkan mata? Dari mata hati hingga mata kaki. Ada puluhan bahkan ratusan kata yang menjadi lebih bermakna ketika ditambahkan mata. Sebegitu pentingkah? Iya. Bagaimana sesuatu bisa dibilang penting kalau kita tidak tahu dasarnya? Maka, lagi-lagi kita perlu mata untuk melihat seberapa besar kadar suatu hal untuk dipikirkan, dibicarakan, dan diteliti lebih dalam. Mata, bukan hanya organ, melainkan celah untuk melihat lebih banyak warna dibanding ketika mata ini dipejamkan. Hanya hitam. Serta kilatan tak tentu arah.
Warna memang banyak. Hitam dan putih juga termasuk. Namun, mengapa kita harus terpaku pada monokrom apabila ada multikrom? Mengapa harus lagi-lagi biru dongker, kalau peach dan biru muda juga bersanding di  tempat yang sama? Banyak sekali pilihan, ketika mata dibiarkan untuk terus berjelajah. Banyak sekali bentuk ketika mata dibiarkan untuk terus berjalan-jalan. Seperti deretan tuts hitam pada keyboard ini. Semuanya bisa dipilih, diketik, dirangkai, dan dijadikan berbagai catatan sesuai kesukaan.
Mata, organ yang memiliki banyak komponen untuk dapat bekerja. Sama seperti diri manusia, yang memiliki banyak komponen usaha agar tetap survive dalam hidupnya. Ketika seorang manusia sukses menjalankan tugas dasarnya di planet ini. Maka akan ada bonus lain berupa anggapan bahkan pujian yang datang bukan dari diri sendiri. Karena, setiap apa yang diberikan orang lain kepada kita adalah bonus, ketika kita tidak memintanya. Baik atau buruk, berarti kita telah berhasil menciptakan sesuatu yang menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu kepada kita. Selalu ada yang bisa dipelajari dari apapun. Sekecil apapun, pelajaran pasti ada meski tidak selalu terlihat jelas.
Tulisan ini sulit sekali dimulai dan diakhiri. Ketika memulainya, ada beberapa kata yang bergantian menjadi pembuka. Saya pun harap-harap cemas mengenai tulisan ini. Semoga pesan yang dimaksud tersampaikan. Meski paham tidak seluruhnya menghinggapi saya. Ketika ingin mengakhiri tulisan ini, pertanyaan kembali melayang-layang. Apakah sudah cukup ya, apakah tema hari ini sudah terlukiskan? Meskipun saya yang dengan isengnya menentukan tema, namun kesulitan yang saya hadapi malah begitu besar. Haha ya sudah lah, selamat pagi :)
Share with the world:

No comments:

 
Designed by Beautifully Chaotic