Sunday, April 20, 2014

Nasi dan Kambing

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar frase 'nasi goreng'? Apakah sepiring nasi berwarna kecoklatan yang teraduk bersama telur, potongan cabai, dengan teman-temannya? Atau berbeda dari itu? Tidak masalah sih, karena nasi goreng yang pernah kita makan tidak selalu sama. Pengetahuan kita tentang nasi goreng tidak pernah sama. Apalagi saya yang seringnya hanya makan nasi goreng gerobakan yang sukanya buka di malam hari. Selebihnya? Mungkin nasi goreng buatan ibu, ataupun nasi goreng restoran, ya itu pun sangat jarang untuk dijadikan sebagai menu pilihan saya. Sementara itu, ada seseorang yang setiap ingin makan, hampir selalu memesan nasi goreng. Dimanapun ketika tulisan nasi goreng tercetak di daftar menu yang disediakan. Seringkali saya menebak-nebak menu apa yang akan ia pilih setelah diam cukup lama mengamati daftar makanan yang berentet. Setelah itu, ia berkata "nasi goreng."
Duh! Mengapa bisa tidak bosan dengan menu yang selalu sama? Mungkin ia ingin menilai rasa sesuai standar yang sudah ada di alam bawah sadarnya. Atau bingung karena sulit menentukan pilihan? Saya tidak pernah tahu. Bagi saya, nasi goreng adalah makanan yang rasanya punya kesamaan seluruh Indonesia. Meskipun takaran bumbunya pasti tidak sama, namun selalu ada kesamaan rasa yang muncul. Macam-macam nasi goreng pun disajikan di warung kaki lima hingga restoran hotel bintang lima. Sejauh ini saya paling menyukai nasi goreng kambing. Karena aroma kambingnya yang kuat dapat memengaruhi nasi yang mungkin awalnya tidak sesedap ketika sudah diaduk.
Kemudian, apa yang membuat saya menulis tentang ini? Jelas usulan seseorang yang menyukai nasi goreng. Awalnya saya tidak percaya ketika ia meminta makanan ini untuk dijabarkan menjadi tulisan. Namun, rasanya tidak ada yang tidak mungkin ketika yang meminta adalah seseorang itu. Tulisan ini tidak menjawab mengapa seseorang bisa begitu menyukai nasi goreng. Hanya saja mampu membuat kepala saya agak pusing karena tiba-tiba membayangkan nasi dan kambing berputar-putar mengelilingi kepala.
Share with the world:

No comments:

Post a Comment

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic