Saturday, July 4, 2015

Berharap Kado dari GagasMedia

Halo bloggers! Pagi ini, mau ikutan menjawab pertanyaan dari salah satu penerbit favorit saya, Gagas Media. Siapa tahu jadi salah satu orang yg beruntung, penerima kado dari Gagas. Yeah baru kali ini, yang ulang tahun malah yang bagi-bagi kado. Gagas baik yah!
Oke, mulai aja yah jawab 12 pertanyaan dari Gagas.

1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!
Negeri 5 Menara - A.Fuadi
Antologi Rasa - Ika Natassa
The Journey - Adhitya Mulya dkk.
Travelers Tale - Adhitya Mulya dkk.
Recto Verso - Dewi Lestari
Filosofi Kopi - Dewi Lestari
Blink - Malcolm Gladwell
Men are from Mars, Woman are from Venus - John Gray
Aleph - Paulo Coelho
Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah - Tere Liye
Sabtu bersama Bapak - Adhitya Mulya
Rumah Tangga - Fahd Pahdepie

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?
Terakhir banget baca novel sampai nangis-nangis itu dikarenakan novelnya Fahd - Rumah Tangga. Menguras emosi banget kak bukunya, bagus sih banyak pembelajaran juga setelah baca buku itu.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
"Ketika kau memperoleh keinginanmu, kau kehilangan yang kau miliki." Goloso Geloso, Gagas Meddia, 2009.
Quote tersebut merupakan salah satu quote yang masih terngiang-ngiang di kepala saya walaupun bukunya sudah dibaca dari tahun 2009. Karenaaa...makna quotenya dalem hehe. Saya sadar banget kok setelah baca buku itu, tentang apapun yang sudah kita raih di dunia ini adalah hasil barter. Kita perlu kehilangan, untuk mendapatkan sesuatu yang kita ingin bahkan butuhkan. Contohnya nih yang pasti dialami semua orang ya kehilangan sekian jam sehari untuk bertemu keluarga demi bekerja untuk menghidupi keluarga. Hidup memang soal take and give.

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya?
Duh, siapa ya? Hahaha. Selama ini jarang membayangkan hal-hal seperti ini kalau lagi baca novel. Tapi dari banyak novel yang saya baca, kayaknya sih saya terpaut ke Adhitya Mulya huehehe. Kepribadiannya santai, nggak ribet, pintar, dan tahu betul cara memperlakukan pasangannya. Hehehe.

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!
Ending-nya travelers tale, punyanya Gagas Media nih. Saya ingat betul cerita novel ini soal perjalanan empat orang sahabat menuju tujuan masing-masing. Dan setelah pergi jauh dengan tujuan masing-masing, mereka dipertemukan kembali. Dan di antara mereka ada yang akhirnya berjodoh. Ya, sejauh apapun kita melangkah... jodoh bisa saja sangat dekat dengan kita, kan? Pdahal buku ini saya baca sekita 6-7 tahun yang lalu loh tapi masih sangat membekas.

6. Buku pertama Gagas Media yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih buku itu?
Radikus Makankakus - Raditya Dika. Buku ini dibeli 30 September 2007. Long time ago... banget. Hahahaha. Saat itu lagi suka banget sama Radit dan kekonyolannya. Dan memang masih jarang sosok penulis yang lucunya minta ampun kayak dia, akhirnya beli buku itu sepulang sekolah. Masih ingeeet banget nyolong-nyolong baca buku itu waktu lagi belajar di kelas X. :))

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya,apa judul yang menurutmu menarik? Kenapa?
Goloso geloso! Namanya unik yah... Awalnya nggak tahu ini pakai bahasa apa sih judulnya. Setelah lihat cerita di belakang cover, hmm mungkin bahasa Itali. Karena bukunya menceritakan soal Milan dsb.. Dan ya, ceritanya seunik judulnya, loh.

8. Dan, sekarang lihat rak bukumu, cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
Eclair: Pagi Terakhir di Rusia - Prisma. Covernya adem banget pake nuansa Rusia gitu. Jarang banget loh cover novel mendeskripsikan isi novelnya banget. Dan Eclair ini menurutku sukses banget soal pembenaran ekspektasi pembaca terhadap cover.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
Jelas dong jawabannya, tema cinta. Siapa sih yang suka cerita cinta? Apalagi cinta itu luaaas banget. Sekarang lagi suka banget soal cinta di dalam keluarga. Sekalian belajar deh, lumayan. Hahaha.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?
Hehehe siapa yah? Adhitya Mulya. Tapi kayaknya kalau udah ketemu, bakal diem-diem ajah karena malu. Nothing to say  >,<

11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
Buku cetak masih juaranya dooong. Karena buku yang ada fisiknya tuh lebih enak, ada aromanya juga. Saya suka sama aroma buku. Sama aja kayak hubungan, enakan yang bisa sering ketemu lah daripada LDR  atau deket tapi rasa LDR :p Udah gitu, kalau buku cetak mah gak begitu bikin puyeng kayak baca e-book. Radiasi itu jahat kakak :(

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
Publisher kece penampung banyak ide dari sekian banyak otak kreatif anak Indonesia




Alhamdulillah, selesai jawab 12 pertanyaan dari Gagas.
Oke deh.
Selamat ulang tahun yang ke-12 Gagas Media. Semoga lekas menjadi penerbit terdepan yang menjadi impian seluruh anak Indonesia untuk mengirimkan karyanya. Terus bergegas! :)
Share with the world:

No comments:

Post a Comment

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic