Friday, February 19, 2016

Adakah Perempuan yang Tidak Insecure?

Who is the most perfect woman in your eyes?

Siapa sangka sebuah pertanyaan pendek mampu membuat beberapa orang berdebat panjang. Mereka berusaha mempertahankan pendapatnya sendiri atas dasar penilaian-penilaian subjektif yang ada di dalam kepala. Tentu jadinya lelah juga mempertahankan pendapat tanpa landasan dan ukuran yang mampu meyakinkan partner dialog di sore yang masih cerah ini.

"Ini cuma soal perspektif," kata seseorang berbaju ungu.

Ia berusaha terlihat lebih bijak, sebagai senjata untuk lagi-lagi mempertahankan pendapatnya sendiri. Meja bundar itu semakin panas atmosfernya. Minuman dingin yang dipesan belum juga datang, padahal mungkin kedatangannya mampu mendinginkan akal dan pikiran.

"Cantik itu relatif, ah. Model Victoria's Secret aja sekarang udah ga selalu yang kurus-kurus tipis gitu..," sahut perempuan berkerudung yang akhirnya ikut masuk ke dalam diskusi yang tak juga bertemu titik itu.

Aku tetap di duduk di bangku yang terpisah dengan meja bundar yang panas itu. Sambil menatap laptop yang tengah mati, aku melihat bayangan wajahku di layar laptop. Berkali-kali kukerucutkan bibir yang tidak tipis ini. Mungkin aku berbakat menambah koleksi foto duck face di sosial media yang kian hangat saat ini.

Kain kerudung merah muda menjuntai hampir ke dada. Setelah melihat bayangan wajahku  di layar laptop tadi, aku jadi ngeh kalau kerudungku agak terlihat miring. Cepat-cepat aku perbaiki di kursi tempat yang kududuki, tidak perlu ke toilet dulu.

Siapa yang tidak pernah insecure dengan tubuh dan penampilannya sendiri? Rasanya tidak mungkin kalau aku mengangkat tangan. Tiap hari, bahkan tiap jam, aku selalu memastikan penampilanku 'enak dilihat' orang sekelilingku.

Ketika banyak perempuan menginginkan memliki tubuh ramping dan tinggi, aku justru kadang merasa sebaliknya. Memiliki tinggi 174 cm sebagai seorang perempuan, menjadi persoalan tersendiri buatku. Apalagi aku berada di Asia, khususnya Indonesia dengan tinggi perempuan rata-rata 1.47 m. It's never been easy for me.

Di luar itu, tidak sedikit orang yang menyarankan aku untuk masuk ke dunia modelling atau mengambil profesi yang membutuhkan persyaratan 'tinggi' soal tinggi badan. And i feel sooo not into those things. Karena aku sama sekali gak bisa dibilang feminim. Sejak kecil, gak ada ketertarikan untuk mengoleksi aksesoris secara berlebihan seperti yang dilakukan anak perempuan pada masanya. Tapi bukan berarti tomboy juga sih. Simply karena gak begitu tertarik. Sampai aku merasa lebih tertarik membeli buku dibanding aksesoris sejak SD dulu.

Kalau sekarang masih insecure?

Tentu. Namanya juga perempuan. Aku selalu merasa harus lebih cerdik untuk mensiasati apa yang aku anggap 'kekurangan'. Kemajuan dunia fashion sejujurnya sangat membantuku untuk itu. Apalagi sekarang aku sudah merasa perlu menjadi perempuan yang lebih. Sehingga, aku jadi senang sendiri memilih outfit yang bisa membuatku lebih kece dan mengurangi insekuritasku.

Belakangan ini aku jadi sering banget nyempetin waktu untuk pilih-pilih outfit di HijUp. Karena fashion item disana dipakai dengan para model yang tingginya rata-rata sama denganku, sehingga aku merasa tidak perlu takut barang yang kupesan bakal kebesaran atau malah kekecilan.

Ini dua produk favoritku di HijUp:



 
Amari Long Vest
Andari Skirt Highwaist Plain
Tenyata banyak fashion item yang bisa membuat aku merasa sekian persen lebih cantik, dan jelas dong jadi gak insecure lagi hihihi. Bagi pemilik tubuh kurus tinggi, perlu pakai trik juga loh dalam berpakaian. Beberapa diantaranya:

1. Jangan pakai atasan ketat yang berwarna polos. Karena ini bikin kita terlihat lebih kurus. Jadi lebih baik pakai yang agak longgar aja yah. Soal celana juga nih, lebih bagus kalau pakai yang agak longgar

2. Pilih baju bermotif besar. Ini tricky banget jatuhnya. Apalagi kalau mau cari kebaya, pilih yang model brukatnya besar-besar, jadi badan terlihat lebih berisi

3. Wear accessories. Ternyata pakai aksesoris bisa memberikan kesan tubuh lebih bervolume loh. Apalagi kalau ukuran aksesorisnya agak besar dan eye catching

4. Be confident! Ini kunci paling penting dari rumus berpakaian. When we feel we're pretty, yes we are right.

Kalau mau tau harganya bisa diklik caption fotonya, ya. Anyway kok warnanya cokelat dua-duanya ya? :') Mungkin secara gak sadar, aku lagi suka warna itu dan lagi suka etnik juga. Jadi makin seru aja buka HijUp bisa menemukan beberapa produk yang lagi jadi must buy items versi aku.

Aku percaya setiap perempuan itu cantik dengan keunikannya masing-masing. Bentuk tubuh bukan lagi jadi hal yang perlu jadi bumerang buat diri sendiri. Kenapa? Karena perbedaan itu yang seharusnya membuat kita bersyukur, diciptakan dengan versi limited edition. Kalau kita lihat di luar sana, mulai banyak brand yang menyuarakan beragamnya bentuk tubuh perempuan dan pada akhirnya malah menjadikan variasi keindahan. Baru-baru ini Barbie baru saja melalukan evolusi soal body image, kan? Aku termasuk yang bahagia sih mendengar berita itu di berbagai media.

Yuk, lebih bersyukur lagi. Dengan bentuk tubuh saat ini, kita bisa tetap happy dan melakukan banyak kegiatan positif kan? Yeay we're proudly happy women!


Tulisan ini diikutsertakan pada HijUp Blog Competition.
Share with the world:

21 comments:

  1. good luck untuk kompetisinya! btw, outernya saya juga suka hihi

    http://petitecovered.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. bagus kak, try to be confident and be the best version of yourself! suka dengan usaha kakak yang mencoba mengatasinya dan tetap mencintai diri sendiri.

    semangat!! nice post ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, makasih Hanna! semangat juga ya kamu :D

      Delete
  3. Cowok juga kadang ada yang insecure sama tubuh dan penampilannya :D kayaknya pengen terlihat keren dimata cewek :D aku sih kadang juga gitu, tapi apadaya -_- mau gimanapun kayaknya nggak akan terlihat keren dimata cewek -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih perasaan insecure itu lumrah ya asal jgn kebanyakan hehe :p perlu lebih pede aja deh kalo soal itu mah hihi

      Delete
  4. 174 wow, saya yang tingginya 159 ngerasa iri bangeeet.
    dan pilihan baju kamu keren, pasti bakalan terlihat cocok di kamu.
    semoga menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Inggit! gak perlu ngiri kalo soal itu mah hihi 159 jg udh cukup tinggi kok :D amin, thank you yah

      Delete
  5. 174 cm? :o
    dirimu lebih tinggi drpd aku, haha keren nih...

    Dan vest ama rok di atas memang cocok sekali dengan tubuh tinggi seperti mu, dan saat saya klik untuk tau harganya... ternyata cukup cantik sekali harga nya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya? :D

      iya harganya juga cantik tentunya sesuai kualitas :D

      Delete
  6. Serius tingginya 174? Ah sial kalah tinggi, aku aja cuman 170. :(

    Dan kedua produk HijUp di atas keliatannya cocok kalo di pake cewe dengan tubuh tinggi. Pasti makin keliatan 'Subhanallah'. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya serius hehehe alhamdulillah deh :D

      Delete
  7. Wow 174cm? Model banget tingginya. Disyukuri aja, aku yg tingginya standar pingin bisa tinggi lagi paling g 5cm, tp kayaknya g mungkin, udah expired umurnya XD

    Aku suka banget sama outernya, etnik2 gimana gitu. Btw gud lak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, disyukuri aja :D
      aku juga suka banget, sayang mihil hahaha thank you anyway

      Delete
  8. keren pilihan baju dan tipsnya :D
    Good luck retno :D

    ReplyDelete
  9. Bajunya di Hijup bagus ....

    Memang tiap manusia diciptakan berbeda, tapi itu sudah sempurna di mata Allah. ^^

    ReplyDelete
  10. saya juga ngerasain susahnya jadi cewe tinggi, karena.... well, ya ujung ujungnya selalu susah nyari rok panjang dan dress pernah dapet yang ngatung hahahaha..


    salam kenal!!!

    ReplyDelete
  11. Thanks for sharing mbaknya, yuk kita up up up

    Salam,
    Roza.

    ReplyDelete
  12. thanks for sharing a good things, and keep inspiring other people

    salam
    riby

    ReplyDelete

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic