Saturday, March 5, 2016

Kecantikan Baju Etnik

Sepeti di postingan sebelumnya, aku bercerita sedikit soal kekagumanku terhadap baju etnik dua tahun belakangan ini. Kekagumanku berasal dari minat awal untuk lebih mempelajari Indonesia serta budayanya. Setelah itu, aku merasa sangat beruntung menjadi satu dari jutaan manusia yang tumbuh dan berkembang di tanah air ini. Percaya kalau ada yang bilang kalau negeri ini kaya raya. Apalagi soal kebudayaan, Indonesia tidak main-main. Keragaman suku dan etnis membuat setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik sendiri soal budaya dan filosofi. Bayangkan saja, dua kota yang benar-benar bersebelahan bisa memiliki bahasa dan pakaian adat yang berbeda. Menarik bukan Indonesia kita?

Bagaimana sih cara belajar mencintai negeri sendiri? Kalau aku sih sejujurnya ya, dimulai dari seringnya mengunjungi museum-museum yang memamerkan budaya dan sejarah negeri. Paling mudah sih ke Taman Mini Indonesia Indah, satu tempat banyak ilmu. Selain itu, dengan melihat film-film dokumenter, serta buku-buku yang menceritakan berbagai suku dan cara hidupnya. Sepertinya aku tidak akan pernah merasa cukup untuk mempelajari negeri ini.

Dari sekian banyak hal yang bisa dipelajari, aku sedang tertarik untuk mengetahui tekstil nusantara. Ternyata jenis kain tradisional Indonesia itu ada super banyak. Ada kain batik, kain songket, kain lurik, kain ikat, kain sulaman/ bordir, dan masih banyak lagi. Kemudian jenisnya dibagi lagi dari teknik pembuatan dan macam-macam motifnya. Itu semua tidak terlepas dari filosofis dan adat istiadat tempat kain-kain diproses.
Baca juga: Jalan-jalan ke Museum Tekstil
Kekayaan tekstil nusantara sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Perlu wadah untuk menghimpun desainer dari seluruh negeri untuk sama-sama mengembangkan diri dan usaha. Maka dari itu, H. Raizal Rais, Bac. berinisiatif untuk membangun Komunitas Desainer Etnik Indonesia. Dengan dibangunnya komunitas ini, tentu ada tujuan yang tidak kalah penting, yaitu mengangkat harkat martabat profesi desainer etnik Indonesia dan melestarikan wastra tradisi, yang tidak lain adalah kain nusantara ini.

Rabu kemarin (3/3), Komunitas Desainer Etnik Indonesia melakukan media dan blogger gathering di Restoran Batik Kuring, SCBD. Anyway, restoran ini unik banget. Semua dindingnya bernuansa batik, alat-alat makannya dibuat secara tradisional dan tentu menunya juga mengangkat makanan Indonesia.
Pada acara tersebut, ada beberapa fashion designer yang hadir dan memperlihatkan hasil karyanya.
Edisi Lunar New Year
Menurutku baju yang dibuat edisi Lunar New Year ini benar-benar eye catching. Lihat aja kain yang digunakan, dengan motif sederhana tapi dapat membuat kesan mewah untuk yang memakainya. Ditambah lagi dengan tas dan selop merah yang membuat penampilan model tambah glowing.

Baju Betawi
Lihat perpaduan warna hijau dan biru yang mampu mengundang mata. Dengan atasan motif bunga-bunga cerah, desainer memadumadankan dengan bawahan bermotif ikon Jakarta. Ya, ondel-ondel. Luar biasa ya idenya. Model terlihat elegan sekali dibalik balutan baju betawi ini.
Batik Fornal
Who doesn't love batik? Rasanya sudah seperti kewajiban ya untuk memiliki batik dan memakainya di acara-acara tertentu. Seperti kemeja batik biru ini. Sekilas seperti kemeja biasa dengan hem garis-garis. Percayalah, ini membuat para laki-laki jauh lebih keren saat memakainya.
Batik Solo
Gaun di atas merupakan long coat batik Solo, dengan bahan beludru untuk warna hitamnya. Dengan gaya vintage 40-an. Rancangan mas Yoyo Prasetyo ini memang luar biasa apik. Lihat saja, untuk pengganti tas, digunakan tassel di tangan kiri model. Dan baju ini made by order. Cantik, ya?
Baju Etnik Hijab 
Salah satu favoritku dari berbagai pakaian yang dipamerkan Rabu kemarin. Dress hijab dengan layer kehijauan. Di bagian dada ada variasi hiasan renda dan bebatuan. Kesan yang ditampilkan anggun but still fabulous, right?

Jadi itu dia sebagian kecil koleksi yang ada dari Komunitas Desainer Etnik Indonesia. Supaya pada penasaran, bisa lihat langsung ke launchingnya di Cinere Belevue Selasa (8/3). Dijamin bikin makin cinta kain etnik nusantara deh.

Setelah sesi fashion show, para desainer, blogger, dan pihak Batik Kuring berfoto bersama. Saat itu lokasinya di salah satu ruangan restoran Batik Kuring, yaitu ruang Rama. Lihat dindingnya, full batik ya. Begitu juga dengan ruangan-ruangan lainnya, tentunya dengan motif yang berbeda-beda. Keren ya ide restorannya.

Foto Bersama
Salah satu hal lain yang membahagiakan adalah.... aku dapet scarf dari Ki Artik. Lihat deh corak dan warnanya. Bikin makin cinta keragaman kain di Indonesia bangeeeet!
Scarf Ki Artik
Setelah ini, aku bakal lebih sering cari tahu soal beragamnya kain dan motif dari tekstil nusantara. Pengen banget rasanya mengoleksi kain-kain yang indah dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga terwujud.

Kalau kamu, cinta jugakah sama tekstil nusantara? :)
Share with the world:

15 comments:

  1. Batik formalnya keren tuh. Jadi punya alasan buat make batik ke mana-mana karena desainnya keren, huehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi banget, makin bangga deh pake batik

      Delete
  2. Replies
    1. hihi iyaaa, coba liat instagramnya komunitasdei :D

      Delete
  3. Betul, batik kayanya salah satu baju yang wajib dimiliki yak. hehe, secara saya paling bingung kalau mau kondangan pakai apa, ujung2nya pakai batik lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, batik termasuk busana yang paling "aman" buat dipake kemana2 :D

      Delete
  4. Bagus2 bajunyaaa. Semoga bisa go internasional :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin yah, dukung dan doain aja hihihi

      Delete
  5. Aku jatuh cinta sama yg batik betawinyaa.. Tapi ngga sama harganyaaa,hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha setuju mbak! aku jg naksir tapi apalah daya hahaha

      Delete
  6. memang tidak salah ya kalo batik ini jadi warisan budaya, emang motif dan coraknya sangat kaya dan beragam.. sangatpotensl untuk dikembangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, malah batik cuma salah satu dari banyaknya kain tradisional Indonesia

      Delete
  7. Yang lunar mbak kece banget hahah #bangga jadi orang indonesia

    ReplyDelete

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic