Monday, March 14, 2016

Tips Belanja Online

Tips Belanja Online

Berbatas waktu, banyak orang kini beralih untuk berbelanja di depan layar gadget. Selain bisa menghemat waktu, belanja online juga bisa menghemat biaya loh. Gak percaya? Bayangkan aja kalau belanja ke toko, kita harus naik transportasi, bayar parkir, belum lagi makan di sekitar toko karena capek abis pilih-pilih barang, udah gitu juga harus nawar sampai dapat harga yang sesuai. Fiuh, capek yah.


Sekarang mah banyak banget website yang menyediakan segala kebutuhan kita. Dari mulai sandang, pangan, sampai papan juga ada! Wah. Tapi, semakin banyak situs yang terbuka dan menyambut kita, apakah kita harus super senang dan impulsif? Tentu nggak dong yah. Belanja online, juga perlu strategi loh. Supaya kita benar-benar dapat barang terbaik dengan harga yang sesuai.

Aku pribadi hampir pernah berbelanja di semua e-commerce besar di Indonesia. Dari Zalora, Berrybenka, Mataharimall, Lazada, dan masih banyak lagi. Kesan-kesannya juga beda sih yang aku dapat dari setiap situs. Pernah bahagia banget karena barang dan waktu sampainya over-expectation, pernah sedih juga karena dapat barang yang super gak sesuai harapan. Jadi, aku mau ngasih tips untuk kamu yang mau belanja online.

1. Tentukan barang yang mau kamu beli
Kalau mau beli fashion item, aku saranin untuk cek Zalora dan Berrybenka. Karena selama ini, barang yang aku terima sesuai dengan deskripsi produk yang tertulis di websitenya. Udah gitu, barangnya lumayan cepat sampai. Gak perlu nunggu sampai 4 hari deh. Kalau berrybenka, barangnya suka dibungkus di box hitam gitu. Lucu deh. Dan, pihak mereka suka menyelipkan hadiah kecil di dalamnya. Contohnya kayak hand&body lotion, voucher belanja. Seru deh.

Sedangkan kalau mau beli peralatan rumah tangga, silakan cek Lazada dan MatahariMall. Tapi, kalau belanja di Lazada, harus banget cek rating. Lihat dulu sellernya terpercaya apa nggak, testimoni pembeli sebelumnya bagaimana. Aku pernah beli beberapa kebutuhan rumah tangga sih sejauh ini aman di Lazada. Tapi bukan berarti aku gak pernah kecewa. Pernah beli tas yang katanya original, eh pas sampai rumah kok aslinya jauh banget yah. Jadi aku gak rekomendasiin untuk beli fashion item di Lazada. Kecuali kalau ratingnya bagus yah.

Kalau beli perlengkapan make-up gitu dimana yah? Aku pernah belanja di Sociolla dan Moxy. Dua-duanya memuaskan kok dari segi packaging dan kecepatan pengiriman. Kalau Sociolla, ada ciri khas tersendiri dengan kotak pinknya. Sedangkan Moxy hanya pakai plastik tapi ada bubble wrap-nya kok. Sekarang Moxy merger dengan Bilna. Aku gak tau gimana pelayanannya saat udah merger, karena aku pernah kecewa belanja di Bilna sebelumnya. Hehehe.

Buat kamu yang suka belanja makanan, aku saranin banget ke MatahariMall. Disana buanyak banget makanan. Dan kebanyakan produk, sellernya MatahariMall langsung. Jadi dijamin terpercaya, dong. Packaging mereka juga lucu, apalagi waktu awal-awal buka. Suka dikasih bonus permen dan biskuit hihihi.

Kadang kita juga suka mencari barang-barang yang kita aja gak tau ini bisa dibeli dimana. Silakan deh kunjungi Tokopedia dan Elevenia. Di dua tempat tersebut, banyak banget barang-barang unik yang belum tentu dijual di e-commerce lain. Pssst, tapi tetep ya cek rating dan review produknya dulu.

2. Pelajari produk yang mau dibeli
Biasanya setiap produk punya deskripsi di samping gambar. Coba diperhatikan deh. Ini penting banget loh, apalagi kalau udah soal ukuran. Jangan sampai mau beli baju ukuran L, malah dapatnya ukuran S. Sia-sia kan? Jadi lebih baik dilihat lagi. Ada juga yang mau beli barang, terus cari yang termurah. Eh taunya yang termurah itu gak menjual keseluruhan produk. Wah, wah gawat nih. Yuk dibaca lagi deskripsi produknya.

3. Bandingkan harga antar toko
Sering kan kita menemukan barang yang sama di beberapa toko yang berbeda. Terus harganya bisa beda-beda. Loh, capek dong buka banyak tab buat lihat perbandingan harga. Aku saranin untuk buka Telunjuk.com. Disana kamu tinggal tulis aja barang yang mau dicari, terus langsung keluar deh harga-harga dari tiap toko. bisa diurutkan dari yang termurah sampai termahal. Asik, kan?

4. Cari diskon
Yeay! Ini nih yang paling aku suka dari belanja online, banjir diskon. Cuma sayangnya gak semua info diskon ditampilkan di website e-commerce yang menjual. Jadi, cari dimana dong? Coba buka flipit.com/id. Di website flipit, kamu bisa menemukan banyaknya jenis promosi yang ditawarkan dari berbagai e-commerce. Tapi, jangan lupa cek syarat dan ketentuannya ya. Karena setiap diskon pasti bersyarat. Untung-untungan, kadang bisa dapet yang syaratnya gampang hihihi.

5. Bersabar
Setiap e-commerce punya kebijakan tersendiri soal waktu dan jasa pengiriman barang. Jangan asal komplain dan marah-marah ke customer service e-commerce, padahal barangnya baru diorder sehari. Biasanya mereka memberlakukan estimasi pengiriman dalam 3-7 hari. Harap bijak dan bersabar ya! :D

Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya. Selamat belanja online!
Share with the world:

21 comments:

Hana Bilqisthi said...

makasih tipsnya retno :D
yang sering belanja online mah udah tahu ya kelebihan tiap e-comerce
:)
mantap :D

bharaaawr said...

GOKIL! hatam bener elu ya ama shopping online. gila gila gila :))))) ketje keh!

Nurul Fitri Fatkhani said...

Saya tipe orang yang males keluar rumah. Apalagi kalo mau belanja, itu krucil pada ikut. Jadi gak konsen milih2 barang hi..hi..
Kalo online, bisa dari rumah dan gak perlu ribet :)

Retno kusumawardani said...

Informasinya oke banget ni mbak..tfs..

Retno Andini said...

sama-sama han hahaha practice makes perfect :D

Retno Andini said...

hahaha gak hatam juga bhar. maaci! :3

Retno Andini said...

hihi lebih efisien ya mbak kalo belanja online, tinggal nungguin barang dateng aja deh di rumah :D

Retno Andini said...

hai mbak, sama-sama :)

Reza Andrian said...

Kalau barang fashion gitu cocoknya di mana ya kak? Semisal dompet, tas, atau semacamnya.

Wisnu Pratama said...

:v ampuun Master... kayaknay hobi belanja online . Tapi keren kok reviewnya. Salam kenal ya...

PIPIT said...

postingannya keren nih! aku juga suka banget belanja online, soalnya lebih praktis dan barang2nya g pasaran.

Retno Andini said...

kalau untuk cowok, aku rekomendasiin zalora sama vipplaza.co.id kak :D

Retno Andini said...

hehe gak hobi sih, cuma karena peralihan kebutuhan :D salam kenaaal

Retno Andini said...

makasih, Pit :D iya aku juga gitu alesannya hihi *tosss

Indra Wandi said...

nais sekali inpohnya, kalo perangkat komputer kira2 di mana yg recomended ya...

Rusydina Tamimi said...

tipsnya cucok untuk aku yg sering belanja online ^o^
dan itu yg point diskon, bisa ituu aku cobaa XD

salam kenal

Retno Andini said...

waduh kalo itu aku belum pernah beli online sih, tapi bhinneka.com kayaknya boleh juga :D

Retno Andini said...

yeay semoga membantu ya! salam kenal

jalankemanagitu.com said...

Makasih tips2nya mbak..

Salam kenal :)

Retno Andini said...

hai, sama-sama. salam kenal :D

Online Discount Code said...

Terima kasih untuk berbagi posting ini.

 
Designed by Beautifully Chaotic