Tuesday, May 31, 2016

Review & Giveaway Landline - Rainbow Rowell

Review & Giveaway Landline - Rainbow Rowell
Hai, guys! 

Ada yang udah tau belum kalau bulan ini salah satu buku dari NY Times bestselling author baru aja dialihbahasakan ke bahasa Indonesia? Buku itu adalah Landline yang dikarang oleh Rainbow Rowell. Alhamdulillah aku berkesempatan untuk membaca versi Indonesianya lebih awal.

Jadi, begini ulasan versiku untuk buku Landline-Rainbow Rowell. Baca sampai akhir ya, karena ada kejutan khusus buat kamu! :)

Judul: Landline
Pengarang: Rainbow Rowell
Penerbit: Spring
Harga: Rp82.000
Format: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Halaman: 372
Review & Giveaway Landline - Rainbow Rowell


"Ibuku menyukaimu. Dia senang karena kau membuatku bahagia. Ibuku bilang, dia belum pernah melihatku begitu sering tersenyum sejak aku masih kecil."

Keluarga di luar stereotip

Sebuah keluarga kecil tinggal di negara bagian Amerika, Nebraska. Keluarga tersebut terkadang bisa dinilai berbahagia, kadang juga tidak. Georgie, istri sekaligus ibu dari dua anak perempuan di rumah itu yang menjadi alasannya. Seorang workaholic, penggila target hidup, dan serius dalam menjalani setiap goal-nya sebagai penulis naskah komedi di sebuah stasiun televisi swasta.

Sedangkan Neal, suaminya, malah cukup berbeda dengan Georgie. Ia berani mengorbankan ego demi membuktikan kesungguhan cinta kepada istrinya itu. Menjadi bapak rumah tangga. Memandikan, memasak, sampai mengantarkan anak-anak sekolah sudah menjadi kegiatan rutinnya.

Lalu apa tugas Georgie? Yeah. Di balik kesibukannya bekerja lebih dari 8 jam per hari, ia juga berusaha memiliki bonding time dengan keluarga. Contohnya seperti mengantarkan anak-anaknya sekolah. Tapi di tengah perjalanan ke sekolah, ia merasa lupa arah. Kemudian anak-anaknya refleks menyebut Neal dan meneleponnya. Daddy do it better, mom.

Kesibukan Georgie membuatnya harus meninggalkan momen-momen penting bersama keluarganya. Seperti pada Natal 2013. Neal sudah jauh-jauh hari membelikan empat tiket untuk penerbangan ke Omaha, rumah keluarga besar Neal. Mereka sudah berangan-angan akan merasakan white christmas di Omaha yang kebetulan bertepatan dengan winter.

Arti pilihan

Tiba-tiba, sehari sebelum keberangkatan, Georgie mengajak Neal bicara. Ia menyampaikan hal yang paling dihindari Neal. Georgie mendapat tawaran penting berkaitan dengan pekerjaannya, dan ini merupakan salah satu goal yang Georgie nantikan bertahun-tahun. Georgie merajuk agar diijinkan Neal untuk tidak ikut ke Omaha. Neal yang sabar, tidak perlu dirajuk pun akan pasti membolehkan Georgie untuk tidak ikut ke Omaha. Sedangkan Neal tetap pergi bersama anak-anaknya.

Selama kepergian Neal dengan anak-anaknya, Georgie resah. Perasaannya tidak karuan, merasa bersalah atas keputusannya. Ia malas pulang ke rumah. Sehingga ia memutuskan untuk menginap di rumah ibunya beberapa malam.

Di sana, ia berusaha menghubungi Neal beberapa kali melalui telepon genggamnya. Sayangnya, Neal tidak pernah mengangkatnya karena sibuk dan memang tidak begitu memperhatikan telepon genggam. Seringkali yang menjawab teleponnya adalah Alice dan Noomi (anaknya),  Margareth (Ibu Neal), atau kotak suara.

Telepon ajaib

Pernah juga Georgie menghubungi rumah Neal melalui telepon kuningnya. Telepon tua yang tersimpan di dalam lemari kamar masa kecil Georgie. Ajaibnya, Neal selalu menjawab telepon Georgie saat menggunakan si kuning itu. Hingga akhirnya Georgie sadar kalau telepon itu menghubungkannya dengan masa lalu.

Ia mendengar suara Neal 15 tahun yang lalu. Saat mereka masih berpacaran. Georgie dibuat pusing sekaligus senang dengan keajaiban telepon itu. Ia diajak kembali mengingat kebaikan Neal yang ternyata tidak berubah sejak dulu. Sedangkan Georgie merasa merusak yang telah ada. Namun Neal tetap memintanya.

Lalu bagaimana efek telepon kuning itu? Akankah membuat Georgie dapat memperbaiki hubungannya dengan Neal? Atau justru semakin merusaknya?

Landline ini merupakan karya Rainbow Rowell pertama yang aku baca dan dapat kuselesaikan hanya dalam 2 hari. Aku takjub sendiri. Ternyata novel ini mampu menyihir perhatianku untuk tidak berhenti membaca. Novel ini tidak akan membuatmu pusing, justru akan sangat menghibur lhooo. Apalagi untuk pecinta dunia seni peran, pasti merasa senang saat membaca buku ini. Karena banyak sekali informasi yang bisa didapatkan, ditambahkan melalui footnote oleh Penerbit Spring. Anyway, Penerbit Spring rapi sekali dalam memberikan footnote. Begitu pun dalam kualitas terjemahan Landline. Superb!

This book was one you should never missed to read.

Oh ya, aku punya beberapa quote favorit dari percakapan-percakapan yang ada di dalam cerita:

"Itulah cinta, Georgie. Perlindungan dari kerusakan yang tidak disengaja."
"Kau tidak boleh membuat siapapun suka padamu, Georgie. Kau harus ingin bersama dengan seseorang yang tidak sanggup menahan diri untuk menyukaimu."
"Tidak ada satu orang pun yang hidupnya cocok begitu saja dengan orang lain. Cocok bersama adalah sesuatu yang harus kau usahakan. Itu adalah sesuatu yang harus kau wujudkan---karena kau saling mencintai."

Pada kesempatan ini, aku berkolaborasi dengan Penerbit Spring untuk membagikan 1 buah buku Landline karya Rainbow Rowell kepada kamu yang beruntung. Yeay!

Jadi apa aja syaratnya?
1. Follow twitter, IG, dan like FB Penerbit Spring
2. Follow reandine.blogspot.com melalui Google Friend Connect
3. Follow IG & twitter reandine
4. Tambahan poin untuk kamu yang share giveaway ini di twitter atau regram postinganku di IG dengan mention @penerbitspring & @reandine

Setelah itu, kamu diharapkan untuk menjawab pertanyaan giveaway aku di kolom komentar blog ini. Gampang kan? Hihihi. Jadi pertanyaannya adalah:

Menurut kamu, apakah mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta? Jelaskan alasannya ya!

Nantinya aku akan memilih jawaban terbaik dari peserta yang sudah melengkapi semua persyaratan. So, jangan lewatkan kesempatan seru ini ya. Periode giveaway ini akan ditutup tanggal 3 Juni 2016, cepat ya! Pengumuman nantinya akan aku berikan melalui IG dan blog. Good luck!  
Share with the world:

33 comments:

Ghalipat Devi Story said...

Nama : Suwardi

Iya, mengalah adalah salah satu bentuk dari pengorbanan cinta.
Dikarenakan orang yang melakukan ya hati nya sudah dibuka oleh yg maha kuasa. Dalam arti ia benar-benar mampu mengontrol hawa napsu nya. Dengan demikian. Orang yang dicintai oleh yang Maha Kuasa jauh lebih mudah mengalah karena ia sudah rela mengorbankan apa-apa demi kebaikan sesama umat manusia.
biasa nya pelaku nya adalah orang yang pikiran nya jernih serta berakhlak mulia..


Nyi Penengah Dewanti said...

Nama : Nyi Penengah Dewanti
Twitt : @nyipenengah
Link Share: https://twitter.com/NyiPenengah/status/737464875925045249

Menurut kamu, apakah mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta? Jelaskan alasannya ya!

Jawab:
Benar. Karena mengalah merupakan pertanda kematangan dan kesabaran dalam menghadapi situasi semenyakitkan apa pun. Mengalah laiknya hati seorang ibu, yang selalu mengalah dan memaafkan apa saja yang kita perbuat

Salam

eny cantik said...

nama : Eny
twitter : @enii_xx
https://mobile.twitter.com/enii_xx/status/737469585528479745?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1127069902


jawab : iya, tapi tidak jika selalu mengalah terus menerus berarti pasangan kita egois. Cinta itu saling menghargai pasti ada di kondisi kita harus mengalah untuk menghargai perasaan pasangan kita, jika kita saling egois dan tidak mau mengalah satu dg yang lain itu namanya bukan kedewasaan dalam mengenal cinta. Mengalah itu pengorbanan dalam suatu hubungan,mengalah bukan berarti kalah tapi itu sebuah hasyat untuk untuk mempertahankan hubungan cinta.

Aosaki Yuuki said...

Nama : ignasia ruvina
Akun Twitter : @ignasiaruvina
Link Share : https://twitter.com/IgnasiaRuvina/status/737473376856334336
Akun Instagram : ignasiaruvina
Jawaban : bisa jadi, karena jika kita mengalah demi hal yang baik maka itu adalah hal yang akan memperkuat hubungan kita dengan pasangan kita tersebut namun karena saya terkadang keras kepala dan tidak terlalu suka mengalah jadi saya tidak mau selalu mengalah karena selalu mengalah pun bukanlah hal yang baik melainkan hal yang menunjukkan suatu ketidakwajaran yang membuat kita pun menyimpulkan bahwa pasangan kita adalah orang yang egois dan mau menang sendiri apalagi dalam suatu hubungan percintaan itu, yang dibutuhkan bukanlah sifat mengalah namun rasa pengertian antara pasangan-pasangan itulah yang penting. Sekian

Lois Ninawati said...

Nama : Lois Ninawati
Twitter : @_loisninawati
Link share : https://twitter.com/_loisninawati/status/737512163921694720
Jawaban :
Mengalah merupakan salah satu pengorbanan clm bentuk cinta?bener! Nggak apa apa kita ngalah,yang penting orang yg kita sayang bahagia. Dan waktu dia bahagia kita juga ikutan bahagia😁😃

Lois Ninawati said...

Nama : Lois Ninawati
Twitter : @_loisninawati
Link share : https://twitter.com/_loisninawati/status/737512163921694720
Jawaban :
Mengalah merupakan salah satu pengorbanan clm bentuk cinta?bener! Nggak apa apa kita ngalah,yang penting orang yg kita sayang bahagia. Dan waktu dia bahagia kita juga ikutan bahagia😁😃

nia windi said...

nama : windi kurnia putri
twitter : WindiWindikp
jawaban :
yaa mengalah adalah salah satu bentuk pengorbanan cinta, kalo kita cinta dan sayang sama seseorang pasti kita rela mengalah agar hubungannya tetap berlanjut dan berjalan baik, dengan mengalah juga kita bisa jd lebih sabar dan tidak egois, melihat pasangan kita bahagia kita pun akan ikut bahagia itulah yg dinamakan cinta :)

nia windi said...

nama : windi kurnia putri
twitter : WindiWindikp
jawaban :
yaa mengalah adalah salah satu bentuk pengorbanan cinta, kalo kita cinta dan sayang sama seseorang pasti kita rela mengalah agar hubungannya tetap berlanjut dan berjalan baik, dengan mengalah juga kita bisa jd lebih sabar dan tidak egois, melihat pasangan kita bahagia kita pun akan ikut bahagia itulah yg dinamakan cinta :)

Agatha Vonilia said...

Nama : Agatha Vonilia M.
Akun twitter : @Agatha_AVM
Akun IG : Agatha Vonilia

Kalau dalam hubungan pernikahan, sikap mengalah justru diperlukan karena ego bertemu dengan ego akan terjadi sebuah perpisahan. Mengalah merupakan salah satu bentuk dari cinta, jawabannya iya. Tanpa kita sadari, mengalah itu memang lebih baik dalam mempertahankan sebuah hubungan. Kita telah berkomitmen dalam menjalin hubungan begitu juga dengan resikonya tanpa harus mengorbankan siapapun. Dilakukan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab dan aku yakin pasti akam terbentuk sebuah keluarga bahagia. Dua orang berbeda dipertemukan saja adalah hal luar biasa dan terindah buatku.

Rini Cipta Rahayu said...

Rini Cipta Rahayu
Twitter @rinicipta
IG @rini.cipta

Kalau menurutku, mengalah itu adalah salah satu bentuk toleransi dalam hubungan percintaan. Tapi dengan catatan, mengalah dan toleransinya masih dalam batas wajar yaa hehe.. Dalam hubungan, ada dua orang yang berbeda baik dari segi karakter, kontrol emosi, pola pikir dan sebagainya. Masa-masa pacaran adalah masa untuk mencoba untuk menjalani hidup bersama dan harapannya juga bisa menjalani dalam biduk rumah tangga dalam jangka waktu yang lama. Tentunya, perlu penyesuaian diri besar-besaran terhadap diri kita dan juga pasangan. Nah, disinilah diperlukan sikap yang dewasa dengan mengalah dan tidak mementingkan ego pribadi. Mengalah itu kan bukan berarti kalah. Adakalanya mengalah itu perlu demi keharmonisan hubungan, asalkan nggak keterusan. Mengalah juga bisa diartikan sebagai sikap pengertian, karena nggak memaksakan kehendak sesukanya. Mengalahlah kalau kita memang menerima dengan lapang dada, jangan didepannya bersedia tapi sebenarnya berdusta agar dia bahagia. Kejujuran merupakan hal yang pertama dan utama :)

Fetreiscia Frida said...

Nama: Fetreiscia Frida
Twitter: @fetreisciafrida
IG: fetreisciafrida

Saya setuju. Mengalah merupakan salah satu pengorbanan cinta. Karena cinta ga biasa tumbuh di tempat dimana orang yang menjalaninya itu sama-sama mementingkan ego sendiri. Terkadang mengalah itu diperlukan. Salah satunya adalah untuk menjaga hubungan.

Mengalah bukan karena mengaku kalah dan karena takut, ketika kita mengalah dalam urusan cinta berarti kita sadar bahwa kita benar2 menyanyangi orang itu. Cinta ga melulu tentang kata I Love You kan, tapi cinta juga bisa diwujudkan lewat perbuatan. Mengalah juga bisa menjadi perbuatan pengungkapan cinta, karena kita sayang orang itu. Bahagia dalam hal cinta kan ga selalu karena kita bareng terus sama dia, dinner bareng, atau nonton bareng. Bahagia karena cinta juga bisa karena kita melihat orang yang kita cintai bahagia dan kita bisa mempertahankan hubungan cinta yang kita miliki.

Fitriscia Jacilia said...

Nama: Fitriscia Jacilia
Twitter: @jacilpo
IG: @jacilpo


Menurutku mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta. Ketika kita saling menyayangi dengan seseorang, maka tidak melulu keinginan masing-masing akan terpenuhi. Saat itulah seseorang harus mengambil keputusan untuk mengalah. Mengalah sendiri sudah merupakan pekerjaan dan keputusan berat bagiku. Mengalah berarti lebih mendahulukan yg lain daripada diri sendiri, dan itu termasuk sebuah pengorbanan menurutku. Maka itu, aku katakan bahwa mengalah termasuk sebuah pengorbanan untuk cinta.

iffahsari musyrifah said...

Nama : Iffahsari Musyrifah (Ifa)
Twitter : @ifaaahsm
IG : imusyrifah

link shared: https://twitter.com/ifaaahsm/status/737547092726423553

Jawabannya : Iya!

Menurutku mengalah merupakan salah satu pengorbanan cinta. Mengalah berarti mengesampingkan ego pribadi demi kebaikan bersama, apalagi demi pasangan, demi mencapai tujuan bersama, atau demi kebaikan pasangan. Biasanya mengalah dan berkorban rela dilakukan untuk orang yang dicintai. *aseek*

hmmmm jadi penasaran deh... apakah nantinya Neal yang berkorban? atau justru Georgie yang akan berkorban lagi. Hmmm ku penasaran *ala ala detektif*

Apa perasaan mengalah itu curcolannya Georgie selama ini yah? tapi dipendem gitu wkwkwk

plis plis pilih aku yah!:DDDD

Miftahur Rizqi said...

Nama : Miftahur Rizqi
Twitter : @MR_Laros
InstaGram : @riqi1771
Link Share : https://twitter.com/MR_Laros/status/737550718853226496

Jawaban alias Answer :
Coba kita perhatikan baik-baik...!! Mengalah adalah tanda cinta bahwa kita tak bisa berjalan seiring dengan cinta yang ada dalam hati kita ,mengalah itu sendiri adalah sikap yang kurang baik dalam menjalani hubungan cinta dan itu sama sekali bukan kategori dari pengorbanan sebuah cinta ,pengorbanan yng dimaksudkan dalam sebuah cinta yaitu pengorbanan yang berarti kita memberikan atau melakukan sesuatu yang berguna dana bermanfaat bagi pertumbuhan cinta kita juga perkembangan orang yang kita cintai ,berkorban berarti kita melakukan semua itu dengan penuh ketulusan dan keihlasan tanpa harus mengharap imbalan yang sama dari apa yang telah kita berikan itu.Sedang sikap mengalah itu sendiri akan semakin melemahkan satu belah pihak dan hal itu tidak akan menjadikan perkembangan ataupun pertumbuhan pada cinta kita ,justru hal itu akan semakin merapuhkan cinta kita karena kita harus selalu mengalah dengan pasangan kita……ingat pengorbanan dalam sebuah cinta itu bukan berarti kita harus mengharap suatu imbal balik dari apa yang kita berikan…..Okey kawan ?!! :) :D

yohana siallagan said...

Yohana/ @MrsSiallagan

Mengalah adalah bentuk rasa cinta kita terhadap seseorang yang kita cintai tidak peduli sesakit apapun rasanya, kita mencintai dia walapun dia cinta atau tidak. Mengalah itu berarti berkorban, dan jelas kita hanya mau mengalah terhadap orang yang kita cintai. Kita tentu berusaha membuat orang tersebut bahagia walaupun dengan cara mengalah. Mengalah bukan berarti kalah, tetapi saat kita mengalah kita menunjukkan bahwa kita memiliki rasa cinta terhadap orang tersebut.

Erixa Edyas Putri said...

Mengalah termasuk pengorbanan untuk cinta? Kita semua tahu bahwa jawabannya adalah iya. Namun pertanyaannya bukanlah itu, pertanyaannya adalah kenapa. Kenapa mengalah termasuk pengorbanan dalam cinta?

Setiap manusia dilahirkan dengan kodrat alam yang membuatnya tidak bisa hidup sendiri. Hal ini menyebabkan manusia dicintai dan mencintai. Tentu saja dalam suatu hubungan akan ada yang bersikap dominan dan yang lainnya submisif (mohon maaf bila salah ejaannya) dan pihak dominan kebanyakan menang sementara pihak submisif selalu menuruti perkataan dominan (dalam hal ini pihak submisif selalu mengalah).

Kalimat 'mengalah adalah salah satu bentuk pengorbanan dalam cinta' rasanya terlalu berlebihan. Tidak semua orang bisa merasakan bagaimana rasanya berkorban untuk cinta, bagaimana rasanya menjadi yang selalu mengatakan 'iya' dan tak mampu menolak apa yang tidak diinginkan. Mungkin karena terlalu sering ia mengalah, akhirnya ia tak punya kekuatan untuk mengatakan 'tidak' dalam cinta.

Tak masalah bila cinta membuatmu bahagia. Namun kalau tidak? Kalau cinta hanya membuatmu sakit dan hanya akan membuatmu mengalah terus-menerus? Membuatmu menjadi seseorang yang lemah yang bahkan mudah untuk ditipu orang hanya karena 'mengalah'? Dunia ini kejam! Tidak akan ada orang asing yang akan mengalah untukmu! Ini dunia persaingan!

Mengalah dalam cinta memang diperlukan. Ya, hal itu diperlukan. Namun dalam konteks yang dapat membuatmu bahagia dan tertawa. Jangan menyiksa diri sendiri dan menjadi orang yang selalu mengalah hanya karena ingin melihat orang lain bahagia dan tak kecewa pada kita. Ingat, dunia ini kejam! Kadang-kadang kita harus bersikap egois untuk melindungi diri kita sendiri.

ECIW said...

Nama : Desi Wulandari (Eciw)
Twitter : @eciiiiiw

Q : apakah mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta?

A : menurutku pribadi, bukan. mengalah bukan sebuah pengorbanan, apalagi untuk cinta. dalam suatu hubungan, mengalah artinya membiarkan si dia menjadi egois. mengalah artinya kamu membiarkan dia berjalan sendirian. mengalah tidak membuat kamu menjadi lebih baik untuk hubungan tsb, justru sebaliknya. ketika kamu lelah untuk mengalah, yasudah. selesai semuanya. menurutku lagi, yg ada itu saling memahami. ketika kalian sama2 paham, kalian bisa berjalan berbarengan. sama2 paham kenapa kita harus melakukan ini atau tidak melakukan itu. dan pengorbanan untuk cinta? kalo dalam suatu hubungan pasangannya sama2 berjuang ngga ada yg harus berkorban kok :)

Humaira Balfas said...

Nama : Humaira
Twitter : @RaaChoco
IG : Tidak ada
Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/737619731616665600?p=v


Menurut kamu, apakah mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta? Jelaskan alasannya ya!


Bukannya cinta memang butuh pengorbanan, dan pengorbanan itu banyak macamnya. Menurutku mengalah memang salah satu bentuk pengorbanan, tapi dengan catatan yang harus digaris bawahi. Mengalah karena tidak ingin masalah bertambah panjang dan mengalah setelah berjuang habis-habisan.

Dalam hubungan tidak semua sempurna, hubungan itu terbentuk untuk menyempurnakan kedua manusia yang kodratnya memang tak pernah sempurna. Hubungan itu saling melengkapi, mengalah bukan berarti kalah. Jika dalam hubungan ada api lalu bertemu dengan api, yang ada hubungan itu terbakar. Menurutku mengalah itu tanda seseorang lebih dewasa dibanding yang lain. Tapi, jangan selalu kita diposisi mengalah, kita juga harus merubah pasangan kita agar mengerti diri kita juga. Setelah mengalah dan masalah reda, kita bicarakan baik-baik mengenai masalah yang terjadi sebelumnya. Bagaimana baiknya, harus dilihat dari sudut pandang keduanya dan jangan hanya ingin menang sendiri.

Ini semua dilakukan untuk introspeksi diri masing-masing, agar kedepannya tak ada hubungan yang hanya ingin menang sendiri.

Makasih :) :)

Anonymous said...

Nama : Siti Nurlaela Hasanah
Facebook : Siti Nurlaela Hasanah (hsitinurlaela20@gmail.com)
Twitter : @sitinh93
IG : @sitinh93
Jawaban :
Menurut pendapat saya, benar mengalah adalah salahsatu bentuk pengorbanan cinta karena cinta mesti saling mengalah jika hanya sepihak yang selalu mengalah namanya bukan cinta namun egois. Cinta itu ada karena saling mengalah untuk kebaikan. Jadi "mengalahlah untuk menang."

Elsita Fransiska Mokodompit said...

Elsita Fransiska
@sitasiska95

Menurutku, Mengalah bisa dikatakan sebagai bentuk pengorbanan untuk cinta. Dalam setiap hubungan pasti akan selalu ada yang namanya perbedaan pendapat yang nggak jarang menuai konflik. Pada situasi seperti ini, salah satu pihak dituntut untuk tidak memaksakan pendapatnya agar jalinan hubungan yang baik dapat selalu terjaga. Dalam hal ini, pihak yang mengalah telah berkorban menurunkan egonya untuk menjaga cintanya

Bintang Maharani said...

Bintang Maharani
@btgmr
https://twitter.com/btgmr/status/737590620550664196

Ya, mengalah adalah salah satu pengorbanan untuk cinta. Baik itu dalam hubungan mau pun dalan perjuangan mendapatkan cinta itu sendiri.
Jika dalam hubungan, tiap orang pasti punya ego masing-masing yang ingin ditonjolkan. Jika salah satu tidak ada yang mengalah, bisa pecah perang dunia ke-3. Sedangkan dalam perjuangan mendapatkan cinta, ada kalanya yang kita kejar justru tak mau dengan kita atau sudah tak cinta. Ibaratnya kita seperti main tarik tambang. Maka, daripada terus menggenggam dan menarik dengan erat sampai tangan kita sakit, memerah, dan luka agar si dia tak lepas, mungkin memang lebih baik jika kita mengalah dan melepaskannya agar kita sendiri tidak terus menerus merasa sakit dan dia juga tidak terbelenggu lagi.

farikha nisa said...

Nama: Farikhatun Nisa
Twitter: @littlepaper93
Link share: https://mobile.twitter.com/Littlepaper93/status/737854579556114432

Jawaban: terkadang mengalah bukan berarti kalah dalam suatu hal, termasuk cinta. mengalah terkadang menjadi solusi terbaik dalam satu hubungan. Seringkali, mengalah adalah bentuk dari harapan agar suatu hubungan yang selama ini dijaga tetap bertahan. Mengalah juga menjadi sebuah kesabaran yang terlatih. Karena bersabar adalah sebuah proses pengorbanan untuk sebuah cinta. Cinta juga butuh pengorbanan. Pengorbanan dari salah satu atau dua pihak yang saling mencintai. Toh, kesabaran selalu berbuah manis, bukan? :)

Giska Anandita said...

Nama: Giska Anandita
twitter: @giskandta
link share: https://twitter.com/giskandta/status/737817984995971072

menurutku, jawabannya antara iya dan tidak, klo misalnya kita mengalah krn misalnya seseorang yg kita sukai, lebih menyukai orang lain, seperti quotes yg udah mainstream banget "cinta ngga harus memiliki" jadi cukup dengan melihat orang yg kita sayang bahagia walaupun awalnya nyesek ya mau gimana lagi takdirnya udah kayak gitu, cinta ngga boleh dipaksa, mungkin dia emang bukan orang yang tepat. sedangkan kalo kita sudah dalam suatu hubungan menurutku kita ngga boleh terus2 an mengalah, kalo ada yg mengalah ya harusnya sama2 dong, bukan cinta namanya kalo cuman 1 yg berjuang untuk mempertahankan, dalam suatu hubungan ngga boleh ada yg egois, kalo ada masalah yah harus dibicarakan baik2 jangan langsung bilang "ya udah aku ngalah aja" kalo keterusan kayak gitu kan ngga baik juga hehe.

nunaalia 79 said...

Nama: Aulia
Twitter: @nunaalia
Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/737937829112774656

Menurut kamu, apakah mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta? Jelaskan alasannya ya!

Dalam cinta selalu ada pengorbanan. Salah satunya sikap mengalah saat terjadi pertengkaran dengan pasangan, karena harus ada salah satu yg menjadi air untuk menghindari konflik. sikap mengalah ini pun harus dimiliki oleh keduanya, tidak bisa hanya satu pihak yg terus selalu mengalah. Karena dalam sebuah hubungan harus ada rasa saling, bukan hanya saling mencintai, tapi juga saling mengerti termasuk di antaranya saling mengalah.
Jadi sikap mengalah dibutuhkan dalam sebuah hubungan cinta untuk menciptakan keharmonisan diantara pasangan, dan itu merupakan salah satu bentuk pengorbanan dalam cinta.

Namun ketika berjuang untuk meraih cinta, sikap mengalah bukanlah suatu pengorbanan. Karena cinta memang harus diperjuangkan dan bukan mengalah dengan melepaskannya demi kebahagiaan orang lain. Bukankah kita juga berhak bahagia karena cinta?

Retno Maulidiyah said...

Nama: retno maulidiyah
Ig: @retnomaulidiyah
Fb: retno maulidiyah
Twitter: @retnomauli08
Link share: https://twitter.com/retnomauli08/status/737972266730807296

Menurut saya mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan cinta, karena kita mengalah untuk orang yang kita sayang akan lebih baik. Contohnya pengorbanan untuk melepaskan orang yang kita sayang demi kebahagiannya, karena cinta tak harus memiliki..terkadang apa yang menurut kita baik belum tentu terbaik menurut-Nya. ����

Terima kasih

Lisa Sentani said...

twitter: @lisasent | IG: @lisasentani

Menurut aku Mengalah juga merupakan bentuk dari perjuangan cinta, berbagi kebahagiaan untuk orang lain meski kita harus kehilangan. Tidak semua orang berani untuk mengalah, mungkin ada sebagian orang yang mudah untuk mengalah, tapi gak sedikit juga yang kesulitan, mengalah itu bisa dimasukkan dalam kategori pengendalian diri menurutku.
Karena pasti ada pertempuran dalam hati seseorang ketika ia sedang memperjuangkan cintanya namun diharuskan memilih untuk mengalah, seperti kutipan yang ka andine kasih kalau 'Tidak satu orang pun yang cocok hidupnya begitu saja dengan orang lain' Jadi kalau sudah ditakdirkan tidak bersama ya berjuang dengan mengalah, Namun saya perlu lebih jauh memahami arti mengalah itu sendiri, mungkin bisa dengan membaca kisah George lewat karya Rainbow Rowell satu ini, dimana bisa saya temukan lebih detal bagaimana George memperjuangkan cintanya. Semoga berkesempatan mendapatkannya, Wish me luck. Sukses terus ka andine! :)

Dian Maharani said...

Dian Maharani
@realdianmrani93

"Menurut kamu, apakah mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta? Jelaskan alasannya ya!"

Yaps! Mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta.
Mengalah bukan berarti kalah, dan menang belum tentu menjadi pemenang. Dengan mengalah, kita justru bisa memenangkan salah satu ujian hidup dalam kesabaran, ketabahan, dan keikhlasan. Dengan mengalah, mata kita akan terbuka bahwa hidup ini berputar, tidak selamanya kita di atas. Dengan mengalah, kita bisa belajar untuk menjadi pemenang dengan mengumpulkan materi-materi cinta yang terlewatkan. Mengalah untuk menang. Itulah pengorbannya. Walau sakit, jika dipikir pake otak dan logika, semuanya hanyalah bergantung kesempatan dan kita mengikuti garis takdir Tuhan. Mengalah berarti menang, dan pemenang selalu mendapatkan hadiah terbaik.

Hana Bilqisthi said...

wah yg ikut banyak ya :) good luck retno! semoga sukses giveawaynya :)

Nur R said...

Nama: Nur Rachmawati.Z
Twitter: @OmbakBintang

Menurutku iya, mengalah adalah salah satu dari pengorbanan untuk cinta. Karena dalam satu hubngan kita juga mengalah dalam memilih untuk menghargai satu sama lain. Karena hubungan bukan tentang apa ingin kita saja. Selain itu juga saling melengkapi. Kadang sederhananya saya mengalah karena melihat orang yang kita sayang itu bahagia menyenangkan. Sederhana karena saya cinta

Adittya Regas said...

namanya juga cinta, gak mulu soal enak pasti ada yang harus menerima rasanya patah :'v

mega widya said...
This comment has been removed by the author.
Daisy S said...

Twitter : @daisy_skys
Instagram : @Daisy.skys
Link share :
https://twitter.com/Daisy_skys/status/738692408699850753

Menurut kamu, apakah mengalah merupakan salah satu bentuk pengorbanan untuk cinta? Jelaskan alasannya ya!


Mengalah.
Aku rasa bukan deh.
Cinta itu perasaan yang positif, apapun yang diinginkan pasangan kita pasti berusaha menyanggupinya.Setahuku dalam cinta kita pasti nggak akan membiarkan orang yang kita cintai melakukan hal yang tidak disukainya.Salah satunya ya mengalah.Coba deh fikir.Jujur saja siapa sih yang mau mengalah?
Mengalah bukan berarti kalah,tapi percaya deh pasti ada perasaan kecewa .

Kalau memang ada cinta.Keduanya pasti berpikir " kalau bisa aku aja yang ngalah jangan kamu " *malah saling ngalahkan * Coba bayangkan hal itu terjadi .
tapi kalau udah menang - menangan kayaknya cinta perlu dipertanyakan ?

Aku rasa dalam cinta nggak ada istilah " mengalah " , yang ada seharusnya " pengertian " .

Wenny Widy said...

Wenny Widy, @widywenny

Tergantung, menurutku. Kadang kita harus mengalah, demi terciptanya rasa nyaman dan menghindari konflik dalam suatu hubungan. Namun jika kita merasa bahwa pendapat kita lebih baik untuk kedua belah pihak, lebih baik coba komunikasikan dulu kedua pendapat dengan baik dan kepala dingin, lihatlah dari sisi pandang objektif. Tujuan dari saling mengkomunikasikan adalah untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Terkadang mengalah bukanlah pilihan, jika kamu tahu bahwa pilihanmu akan membawa kebaikan.

 
Designed by Beautifully Chaotic