Saturday, May 28, 2016

Tumbuh bersama BNI


Memilih bank sebagai tempat "mengamankan" aset, bukan merupakan hal mudah. Terlebih saat ini banyak sekali bank yang bermunculan dan menawarkan banyak keuntungan untuk para calon nasabah. Itu juga yang terjadi kepada saya enam tahun yang lalu. Sampai saat ini, BNI masih menemani saya tumbuh. Berikut pengalaman saya selama 6 tahun menjadi nasabah BNI.

Saat itu, saya baru saja diterima di sebuah perguruan tinggi negeri di kota Depok. Kemudian rasanya saya perlu untuk memiliki rekening tabungan. Overheard dari orang-orang di sekitar dan tentunya senior juga, menyebutkan BNI sebagai bank yang memudahkan untuk pembayaran biaya kuliah tiap semester. Karena sistem pembayarannya online. It just takes 3 minutes to click, click, and done.

Pilihan Pertama
Akhirnya saya memilih untuk membuka tabungan BNI di cabang terdekat dengan rumah. Saat itu, saya ingat sekali kalau customer service yang melayani saya telah melakukan tugasnya dengan baik. Ia tahu bagaimana melayani saya sebagai orang perdana yang berhubungan dengan bank. Like seriously, saya gugup sekali saat itu. Bagaimana tidak, saya tidak paham dengan prosedural bank. Namun saat itu juga CS membantu saya untuk mengetahui bagaimana cara menyetor, print tabungan, sampai hak dan kewajiban saya sebagai nasabah.

Setelah resmi menjadi nasabah BNI, saya langsung merasakan banyak pengalaman menarik. Terutama dikarenakan kehidupan sehari-hari yang lebih banyak di kampus saat itu. Jumlah ATM BNI di kampus bisa dibilang cukup banyak. Sehingga saya tidak pernah merasa kesulitan saat membutuhkan uang tunai secara tiba-tiba. 

Pada saat berkuliah, kegiatan saya tidak melulu hanya di fakultas tempat saya belajar. Tapi juga di perpustakaan, pusat organisasi mahasiswa, bahkan di fakultas-fakultas lain. Selama itu juga saya merasa sangat terbantu dengan banyaknya jumlah ATM. Terlebih dengan adanya ATM dengan nominal Rp20.000. Well, sebagai mahasiswa, ini super membantu banget, apalagi di tanggal tua saat orangtua belum transfer uang lagi.

Kebahagiaan Mahasiswa Nasabah BNI
Selain membantu untuk mendapatkan uang cash secara cepat, masih banyak keuntungan yang saya rasakan sebagai nasabah BNI. Ketika itu, sebagai mahasiswa pas-pasan, saya masih mengandalkan orangtua dan uang hasil freelance yang tidak seberapa. Tapi bukan berarti saya tidak dapat bersenang-senang dengan kemampuan finansial yang terbatas. Seringkali saya bersama teman-teman memanfaatkan promo BNI untuk mendapatkan leisure. Seperti main di waterpark dengan diskon 40%, lalu pernah juga kami menikmati promo es krim 50% di salah satu mall ternama. We're just happyy!
Menikmati Promo BNI Cold Stone discount 50% (2012)
Menikmati Promo BNI Cold Stone discount 50% (2012)
Selain itu juga, secara tidak langsung saya jadi banyak belajar hal baru setelah menjadi nasabah BNI. Sedikit-sedikit, saya jadi berusaha belajar mengelola keuangan agar dapat survive selama sebulan penuh. Jadi saya membatasi diri untuk berapa kali menarik uang di rekening dan menyisakan sejumlah uang di rekening sebagai dana tak terduga. Karena pada saat jadi mahasiswa, seringkali ada pengeluaran mendadak. Entah untuk biaya fotocopy materi bahan ajar ataupun biaya penelitian sana-sini.

BNI sukses membuat saya bertahan menjadi nasabah hingga lulus kuliah. Segala urusan kampus, mulai dari bayaran semesteran sampai wisuda, terasa mudah karena menggunakan BNI.

Merencanakan Masa Depan dengan BNI
Tidak sampai disitu, saat mulai berubah status dari mahasiswa menjadi pekerja pun saya masih merasakan keuntungan menjadi nasabah. Berhubung baru berpindah status dan akhirnya memiliki kemampuan finansial yang cukup, saya punya banyak mimpi-mimpi kecil di masa depan. Dan hanya bisa terwujud kalau saya cerdas dalam mengelola keuangan. Akhirnya saya lagi-lagi kembali menemui customer service BNI, minta disarankan produk tabungan yang cocok dengan kebutuhan.

Seperti biasa, customer service BNI selalu menyambut saya dengan ramah. Kemudian ia mulai mempresentasikan jenis tabungan jangka panjang yang dimiliki BNI serta keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa didapatkan. Satu hal yang saya suka dari BNI, website BNI sangat informatif. Bahkan ada simulasi tabungan serta perkiraan hasil yang kita peroleh di beberapa tahun yang akan datang. Ini memudahkan saya sebagai nasabah untuk semakin yakin dalam memilih produk tabungan.
Simulasi BNI Tapenas
Sampai saat ini, saya merasa terbantu sekali setelah membuka rekening Tapenas. Berikut beberapa hal yang menarik dari Tapenas:
- Minimal setoran awal hanya Rp100.000
- Jangka waktu tabungan mulai dari 2 tahun sampai 18 tahun
- Suku bunga 4% p.a
- Auto debet setiap tanggal 5
- Ada pilihan asuransi tambahan
- Setelah habis jangka waktu, uang tabungan akan terakumulasi dan otomatis berpindah ke rekening utama

Saat ini saya sudah hampir 2 tahun menggunakan Tapenas, dan benar-benar merasa terbantu dalam mengelola perencanaan masa depan saya. Selain itu, BNI juga menawarkan banyak kesempatan seru lainnya dalam berinvestasi.

Mengenal Reksadana Melalui BNI
Tahun lalu, saya mengenal salah satu produk reksadana dari sebuah perusahaan manajemen aset. Kemudian saya tertarik untuk membeli produk tersebut. Setelah saya hubungi pihak BNI, ternyata BNI merupakan salah satu bank afiliasi dari produk reksadana perusahaan tersebut. Bahkan untuk seluruh produknya. Sedangkan teman saya yang juga tertarik untuk membeli produk tersebut, terpaksa tidak membelinya dikarenakan Bank tempat ia menjadi nasabah hanya menjadi afiliasi untuk beberapa produk saja.

Dalam memperoleh informasi mengenai reksadana tersebut, pihak BNI sangat helpful dalam mengarahkan. Bahkan ada personal banking officer yang langsung datang ke kantor saya untuk memberikan informasi secara lengkap. Jadi saya tidak perlu mengunjungi kantor BNI. Kemudian saya dapat langsung mendaftarkan diri di waktu yang sama. Jadinya saya lagi-lagi merasa dimudahkan dengan pelayanan BNI.
Supermarket Reksadana pada website BNI
Pada website BNI juga terdapat informasi investasi bagi yang berencana untuk membeli reksadana seperti saya, atau produk investasi lainnya. Informasi yang disajikan sangat komprehensif, loh. Kita diajak belajar untuk mengenal reksadana. Dari mulai mengenal jenis, manfaat, manajer investasi yang bekerja sama, dan tentunya persyaratan untuk dapat membeli produk tersebut.

Sampai saat ini, tidak terasa BNI sudah menemani saya selama 6 tahun terakhir. Perkembangan diri saya dalam finansial rasanya juga cukup dibantu BNI secara tidak langsung. Dan, tidak terasa BNI sudah 70 tahun menemani rakyat Indonesia. Saat ini sudah memiliki 11.209 ATM di dalam negeri dan 6 ATM di luar Negeri. Begitu juga dengan persebaran kantor cabang yang semakin merambah. Saat ini BNI sudah memiliki 1.714 outlet di dalam negeri dan 5 outlet di luar negeri.

Selama ini BNI dikenal bengan budaya kerja: profesionalisme, integritas, orientasi pelanggan, dan perbaikan tiada henti. Semoga keempat poin ini dapat membuat BNI semakin tidak takut akan perubahan jaman, dan siap melesat lebih jauh lagi untuk menjadi partner setia para nasabah. Selamat ulang tahun BNI!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blogging dengan tema Pengalaman bersama BNI.

Share with the world:

30 comments:

  1. Wah BNI benar2 membantu dan banyak kemudahan ya :)
    Makasih sharing nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Hana. Sama-sama :) yuk ikutan lombanya juga kalau punya rek. BNI :)

      Delete
  2. Terimakasih BNI, dulu jaman kuliah makan cold stone termasuk hedonism, tapi karna promo2 BNI, kita makan es krim mahal di jaman itu hahaha. Semakin semangat nabungnya ke di BNI, semoga promo2 BNI makin banyak juga. 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu banget yah dari harga 50ribuan padahalπŸ˜‚ yuk makan-makan pake promo BNI lagi

      Delete
  3. Makasih ya, postingannya membantu saya sebagai salah satu pengguna BNI untuk lebih mengenal BNI πŸ˜€

    ReplyDelete
  4. Mantab ni, bisa diskon es krim
    Jangan bilang itu makannya sama hana n mb ratna haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaak seru ngeskrim diskonan. Tapi itu makannya sama temen kuliaaah, tahun 2012 hihi :D

      Delete
  5. aku belum punya rek BNI, kepengn buka yg syariah buat nabung umroh atau haji

    salam kenal mb, blognya udah saya folow ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aku malah belum punya yg syariah. Sepertinya oke jg ya tabungan umroh dan haji. Salam kenal mbak :D

      Delete
  6. kren artikelnya ! semoga sukses lombanya !
    Salam kenal dari one sm
    http://iwansmtri.blogspot.co.id/2016/05/asa-dan-harapan-seorang-guru-matematika.html

    ReplyDelete
  7. Kalo baca penjelasan ini, seru yah punya akun di BNI..
    Jadi pengen nanya-nanya ke banknya...
    Lumayan deket banget, tinggal loncat ke depan.. ahahahhakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa memang seru :D hihi enak dong ya kalau deket, bisa gampang kalo mau urus apa2

      Delete
  8. Waah saya sebagai salah satu nasabah BNI juga setuju banget nih sama postingannya. Suka sama pelayanannya yang ramah dan kooperatif. Menurut saya CS BNI salah satu CS yang cepat dalam melayani tetapi penjelasan yang diberikan juga tepat sasaran, sehingga tidak membuang banyak waktu saya selama memakasi jasa CSnya. Dan tentu aja saya juga senang denag promo-promonya yang menggiurkan hihi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat banget :) saya juga selalu nunggu promo-promo BNI terbaru

      Delete
  9. Ajarin gw tentang BNI dong ke... tapi kayanya akun gw udah mati wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diaktifin dong kakak, nanti baru eke ajarin :3

      Delete
    2. Gw penasaran yang produk lain diluar tabungan, ke, macem reksadana gitu. Oiya gw mau nambahin, CS dan satpam BNI di Perpus UI itu super ramah dan helpful banget, gw ga pernah ngerasa kesulitan kalo butuh bantuan apa pun terkait akun BNI gw, cuma kurang di M-Banking aja nih :D

      Delete
    3. reksadana seru nad buat belajar investasi untuk pemula kayak kita, nanti kita obrolin ya kalo ketemu :p iya emaaang, mereka helpful parah sih, sering denger cerita soal mereka

      Delete
    4. Lu sibuk ke, sok ngajak ngobrolin kalo ketemu :P wkwkwk

      Delete
  10. Keren ya, udh #70Tahun aja si BNI (y)
    oiya boleh tau beda keuntungan menurut mba antara Tapenas dan Taplus? kayaknya keren..
    sementara sy masih terdaftar menjadi nasabah taplus mahasiswa, maklum msh mahasiswa :D

    Keren ya BNI, ada Fasilitas Rekening TabunganKu yang saldo minimalnya cuma 20rb..
    keren,, jadi bakal lebih banyak yang suka dan tidak takut menabung ke bank dengan membawa uang recehannya ^_^

    Salam kenal mba, tulisan yg renyah untuk dibaca dan gak membosankan.. semoga kita sama2 menang aamiin..

    Jika berkenan blogwalking juga di artikel saya, trims ^_^ http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/bni-bank-kebangganku-untuk-berkarya-dan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo taplus tabungan yg biasa mbak, kalo tapenas itu produk tabungan berjangka milik BNI. Good idea loh kalau mau ikut tapenas sejak kuliah! :D keuntungannya banyak hihihi.. kalo tapenas itu biaya adminnya per tahun, bukan per bulan kayak tabungan umumnya. selain itu, bunganya juga lebih tinggi. cocok buat nabung beli gadget atau kebutuhan lainnya buat mahasiswa. udah gitu, setoran minimumnya juga cuma Rp100.000. worth it buat mahasiswa :)

      Delete
  11. Keten tulisannya, semoga menang yaa, kalau menang traktir raya coldstone dong tanteee hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn. Semoga mbak Sandra jg menang yaaah. Oke dek raya ;)

      Delete
  12. Saya juga punya Tapenas BNI. Memang membantu banget untuk berdisiplin menabung, lebih-lebih karena "nggak bisa diambil setiap saat". :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak. Membantu banget, apalagi saya aslinya boros. Jadi merasa "dipaksa" nabung deh hihi

      Delete
  13. Iya sudah ikut di BNI... hihihihi di blog teman wakakak

    ReplyDelete

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic