Monday, July 11, 2016

Review Cinder (The Lunar Chronicles) - Marissa Meyer

Haiii semuanya! *muncul setelah sebulan menghilang 😂*

Masih dalam suasana lebaran, aku mau berbagi kebahagiaan soal buku bacaan yang baru nangkring di rak. Sebulan yang lalu, aku berkesempatan untuk membaca salah satu buku dari rangkaian The Lunar Chronicles, yaitu Cinder.

Dengan cover heels merah yang menopang kaki berisi besi, aku menjadi semakin penasaran menjelajahi isi ceritanya.

Judul: Cinder: The Lunar Chronicles
Penulis: Marissa Meyer
Penerbit: Spring
Ukuran: 14x20 cm
Halaman: 384 halaman
Terbit: Januari
Harga: Rp. 79.000
ISBN : 978-602-715-054-6

Anyway, kayaknya ini pertama kalinya aku bisa menyelesaikan membaca buku science fiction. Akhirnya aku menemukan buku genre ini yang mampu menyedot perhatian untuk dibaca sampai selesai. Apa saja yang buku ini lakukan hingga menarik perhatianku?


1. Setting cerita
Untuk ukuran cerita fiksi, Marissa Meyer sangat berhasil dalam menciptakan latar tempat dan waktu yang unik. Sehingga pembaca merasa mendapatkan pengetahuan tempat baru serta dimensi waktu yang selama ini tidak pernah diketahui. Terasa sangat nyata, padahal cerita ini fiksi sepenuhnya.

Aku sangat menikmati berimajinasi tentang pasar yang hectic, tempat rongsokan, apartemen dengan ruang bawah tanah, serta istana yang berada di batas kota. Semua tempat begitu menarik, tidak ada yang membosankan.

2. Tokoh
Jarang banget lho bisa menemukan penokohan dengan karakter yang hampir sama kuatnya dalam sebuah cerita. Nah, di Cinder ini lah itu semua bisa ditemukan. Setiap tokoh benar-benar bold dengan karakteristiknya masing-masing. Bahkan untuk tokoh berupa android pun, dibuat memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. I adore Marissa Mayer for this ability.

Dari banyaknya tokoh, aku sangat menyukai karakter Cinder. Sebagai mekanik dan juga anak angkat, Cinder tetap memperlihatkan dirinya dengan emosi yang baik. Ia sangat tahu diri dan beretika. Meskipun dalam tekanan seburuk apapun. Padahal umurnya masih amat belia untuk memiliki tanggung jawab sebesar yang ia punya. Ah, Cinder <3


Quote from Cinder - Marissa Mayer 

3. Konflik
Dari halaman awal sampai akhir buku ini, aku merasa dipermainkan secara emosional. Cerita ini tidak membiarkan pembaca merasa tenang. Karena konflik selalu ada, bahkan di saat kita merasa cerita sedang 'aman'. Pembuatan konflik dalam cerita ini bisa dibilang sangat smooth. Sehingga pembaca tidak lelah dalam mencerna sederet kronologis konflik secara sekaligus. 

4. Isu yang diangkat
Salah satu daya tarik novel ini adalah isu yang sangat jarang dijadikan cerita dalam genre science fiction. Wabah dan monarki menimbulkan sudut pandang baru bagi pembaca dalam menghubungkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sebagai akibat. Pembaca menjadi aktif berpikir tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh kaisar, atau mengapa wabah itu bisa menahun dan tidak terobati?

Kesan terakhir saat menyelesaikan buku Cinder adalah PUAS :D

Senang sekali bisa memiliki kesempatan membaca buku sebaik ini dalam kualitas terjemahan yang excellent pula. Huaaa! Buku wajib deh untuk kamu miliki di tahun ini! :'D

Review ini merupakan bagian dari Chain Review yang berlangsung dari 28 Juni hingga 24 Juli 2016. Berikut kumpulan puzzle yang bisa kamu peroleh dari blog ini. Jangan lupa disimpan ya! Karena bakal ada paket menarik dari Penerbit Spring untuk kamu yang mengumpulkan dan beruntung. Menarik kan, aku juga pengen! Hihihi.



Lalu, dimana kepingan puzzle lainnya? Kamu bisa mendapatkan 10 kepingan lainnya dari beberapa blog di bawah ini:
Chain Review Cinder-Marissa Meyer
Jika kamu sudah berhasil mengumpulkan semua kepingan puzzle, silakan post di instagram dan mention serta tag Penerbit Spring ya! Aku tunggu.
Deadline posting puzzle yang telah terkumpul dan tersusun lengkap di IG : 27 Juli 2016. 

Selamat menjelajah review dan semoga beruntung :D
Share with the world:

5 comments:

  1. ya cinder wajib baca dan punya :D seru :D
    btw, keren retno reviewnya :D
    o ia, gue juga suka gambar kastilnya :D

    ReplyDelete
  2. review buku The Lunar Chroniclesnya bagus banget, btw harga bukunya berapa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas :) kalau beli online diskon 20% jadi 63.200 di http://www.bukabuku.com/browses/product/9786027150546/the-lunar-chronicles-cinder.html :D

      Delete

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic