Monday, September 26, 2016

Explore Gunungkidul

Explore Gunungkidul

Hai...assalamualaikum!

Ketemu lagi ya sama hari Senin, rasanya jadi ingin liburan! Haha *tengok dompet* *mewek*

Baiklah, mending cerita-cerita liburan yang sudah lewat sajah. So, here we goes! Bulan lalu saat liburan ke Jogja, aku berkesempatan untuk ke salah satu kabupaten yang katanya sangat eksotis karena keindahan pantai-pantainya. Sebagian pasti udah tahu ya atau bahkan udah pernah ke Gunungkidul. Kalau aku, jadi pengalaman pertama banget nih kesana bulan lalu. Jadinyaaa super semangat dong mau lihat pantai yang selama ini cuma terpampang di feed IG ataupun televisi.


Kami berangkat dari hotel Winotosastro Garden (terletak di pusat kota Jogja) jam 8.30 pagi. Cukup siang nggak sih? Haha. Jadi kita santai dulu dong breakfast di hotel sambil internetan. Karena kami, eh aku deng, fakir wi-Fi banget saat itu. lol.
Breakfast di Hotel Winotosastro Garden
Alhamdulillaaaah menunya makanan rumahan banget. Rasanya standar sih, tapi lumayan ngurangin homesick. Duh, ini baru soal makanan aja udah riwil pisan haha. Baca aja postingan aku yang sebelumnya soal makanan di Dieng: Perjalanan Dieng - Jogja.

Menu sarapan yang aku pilih pagi itu ada nasi goreng, mie goreng, dan minumannya sari apel. Nyam!

Sarapan pagi itu santai banget, soalnya kami udah siap berangkat. Jadi tinggal nunggu pak supirnya ngabarin aja kalau udah sampai hotel. Pukul 8.30, bapaknya gak ngabarin juga. Hadeuuu, akhirnya salah satu di antara kami yang menghubungi si bapak. Dan eng ing eeeeng, bapaknya udah di depan hotel sejak setengah jam yang lalu.

WHYYYY...... why you don't call one of us, pak? pak?


"Gapapa mbak, kan janjiannya jam setengah sembilan memang."

"TA..tapi, pak!"

Ah sudahlah. Akhirnya kami bersiap menuju Gunungkidul, yang katanya memakan waktu satu jam perjalanan dari pusat kota. Wuhuuu! Perjalanan pun mendukung banget. Sepiii, karena itu hari Senin. Bhahaha... Tapi sayangnya langit gak begitu cerah.

Suasana Gunungkidul itu seruuu. Kiri kanannya kami bisa lihat perkebunan dan tebing. Dengan trek yang lumayan bikin naik turun, tapi jalanannya mulus. Alhamdulillah ya! Saat lagi asik tengok kanan kiri, pak supir tiba-tiba bertanya: Jadi, kita mau ke pantai mana dulu, MBAK? :D

So...

Tujuan pertama kami di Gunungkidul: Pantai Wediombo
Pantai Wediombo Gunungkidul

Kenapa memilih pantai ini? Karena berdasarkan referensi, pantai ini memiliki laguna yang indah. Ihiy! Sesampainya disana, teman-teman udah bersiap ganti baju, legging, dll. Kemudian eike baru sadar kalau gak masukin legging ke daftar yang harus dipacking sebelum berangkat. CRYYYY.....
Jadinya harus merelakan celana jeans satu-satunya untuk basah-basahan main air di Pantai Wediombo.

Saat itu ombaknya lumayan tinggi, aku termasuk yang cukup kaget. Badan lumayan lah jadi bau asin karena cukup (((kecipratan))) air laut. Nyebelinnya, sandal juga sempat terbawa arus. Akkk... Pantai Wediombo nggak aku rekomendasikan untuk wisatawan anak-anak. Karena disana pasirnya terbilang kasar dan terlalu banyak karang. Aku aja saat itu cukup merasa "refleksi" kaki saat jalan mengitari pantai. Mungkin asiknya buat nge-camp, karena banyak banget space kosong untuk pasang tenda dengan lokasi yang strategis. Tapi lihat cuaca dulu ya, karena penampakan ombak kadang tidak seasik suaranya.
Bonus Foto Galau Akhir Bulan
Selama di Wediombo, kegiatan yang bisa kami lakukan nggak jauh dariii... duduk-duduk di bebatuan raksasa and then take many pictures wkwk. Jangan lupa untuk merendam kaki. Pantai ini sepertinya bukan menjadi pantai yang cukup populer jika dibandingkan banyaknya pantai lainnya di kawasan Gunungkidul. Jadinya wisatawan yang datang ke pantai ini pun sedikit banget. Atau karena hari Senin ya? Hmm pokoknya pantai Wediombo bisa masuk ke kategori pantai Gunungkidul yang masih sepi dan bagus untuk camping. Well, lanjut yuk ke destinasi berikutnya.


Pantai Pok Tunggal

Nah kalau pantai yang ini pasti cukup populer di kalangan traveler, selain karena pasir putihnya yang lembut, banyak juga kios-kios yang menawarkan harga murah untuk makan besar ataupun untuk penyewaan tenda warna-warni sekitar pantai.
Pantai Pok Tunggal Gunungkidul 
Di sekitar Pok Tunggal, ada beberapa penginapan yang disewakan untuk para wisatawan yang ingin bermalam, loh. Jadi gak perlu pusing deh mikirin perjalananan pulang ke kota Jogja selepas melihat sunset di Pok Tunggal. Pantai ini dikenal karena ikonnya yang tersebar dimana-mana, yaitu pohon duras. Tapi..... saat kami kesana, ternyata pohonnya baru aja dipangkas. Ikikikik...
Makan Siang di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul
Aku lebih prefer untuk stay lebih lama di pantai ini dibandingkan dengan pantai sebelumnya. Mungkin itu juga yang dipikirkan banyaknya wisatawan yang sedang bersantai di pantai ini. Yap, pantai ini cocok banget buat yang ingin bersantai. Kebetulan kami sampai di pantai ini pas jam makan siang. So, kita melipir deh ke salah satu kios pinggir pantai untuk memesan makanan dan nggak lupa juga es kelapanya. Huehehehe...


Pantai Indrayanti

Yeay, ini dia pantai yang paling terkenal di Gunungkidul: Pantai Indrayanti. Aku juga penasaran sih apa ya kira-kira yang bikin orang-orang menjadikan pantai ini sebagai destinasi mereka?
Pantai Indrayanti Gunungkidul
Sekilas berada di pantai ini bikin aku merasa di pantai karnaval Ancol hihihi... Pantai ini cukup ramai dibandingkan dengan dua pantai yang aku kunjungi sebelumnya. Anak-anak pun banyak yang bermain pasir di pinggir pantai karena mungkin merasa aman. Tapi sayangnya nggak tertangkap pada foto di atas ya? Haha. Pantai Indrayanti dipenuhi kios makanan hingga restoran. Ramai sekali. Aksesnya pun lebih mudah dibandingkan kedua pantai sebelumnya.

Dari ketiga pantai di atas, favoritku kayaknya jatuh di... Pok Tunggal! Prok prok... Aku yakin kalau cuacanya cerah, pasti bakal lebih seru lagi main disana. Saat di Pantai Indrayanti, aku tidak mengambil banyak gambar soalnya baterai handphone sudah low. Harus diirit-irit banget sampai  malam hahaha. Selanjutnya kita ke Embung  Ngglageran. Salah satu destinasi impian aku untuk bertahun-tahun lamanya hakhak... Yeay memburu matahari tenggelam!

Embung Ngglageran
Embung Ngglageran Gunnungkidul
Buat yang belum tahu apa Embung Ngglageran, jadi tempat ini punya danau buatan yang terletak di atas bukit. Dari gambar di atas, kelihatan kan tangga menuju danau buatannya? Anyway saat mau mengambil foto di atas, anak kecilnya malah ingin ikut difoto haha. Halo dik!

Embung Ngglageran terletak di gunung api purba. Saat kita berada di sana, sekeliling kita adalah tebing-tebing yang super tinggi. Nuansanya asik banget sih parah, dan suhunya juga cukup dingin untuk ukuran Jogja.
Sunset di Embung Ngglageran

Sunset di Embung Ngglageran
Semoga fotonya mampu menggambarkan keseruan menunggu sunset di sana hihihi... Aku pribadi ingin banget untuk bisa kembali kesana. Semoga bisa! Aamiinn...

Selesai jalan-jalan sampai pusing di Gunungkidul, kami pulang ke kota. Yuhuuu! Karena dilanda kelaparan yang heboh, akhirnya kita makan di salah satu warung angkringan di dekat Pasar Beringharjo dan rasanya....nggak enak! Huakakak mana dimahalin sama abangnya lagi. #problem no. 6124718.

Sedih kan... akhirnya cheating deh. Aku dan seorang teman ke Mc D Malioboro Mall. HEAVEEEN... Baru kali ini french fries terasa enaaak haha!

Last Stop: Mc Donalds Malioboro Mall
Saat istirahat di Mc D, badan baru terasa remuknya. Capek, pengen balik ke hotel buru-buru. Tapi kan bapak sopirnya tadi cuma nge-drop kita di Malioboro. Jadi mikir dong, pulang naik apa? Surprisingly, di Jogja udah ada Go-Car. Alhamdulillah banget deh bisa santai sampai hotel. Langsung bobok, soalnya besoknya pergi ke Kedung Pedut. Cerita sudah bisa dibaca di: Kedung Pedut, Pesona di Sudut Kulon Progo.


Selamat malam dari Malioboro! :D

Wassalamualaikum.

Share with the world:

14 comments:

Hana Bilqisthi said...

ya ampun pak supirnya rajin banget.. tapi harusnya dia kasih kabar sih.. kan biar menghargai waktu dia juga :)
makasih sharingnya Retno :)

Sandra Buana Sari said...

HAhahahah paling sebel emang kalau lagi jalan2 ada #problem no. 6124718. Apalagi harganya mahal.. krik krik banget dah! Pengen ke Gunung Kiduuul...

Ingga Bia Putri said...

retno... kita kmrn barengan liburan ke jogja tapi ga sempet ketemu, huhu
tapii jogja tu ngangenin yaa, kapan2 klo ke jogja lagi kita barengaaan aja! ;)

btw kmrn aku ga sempet ke gunung kidul nii, karena emg udah pernah ke pantai indrayanti jg tp ternyata banyak bgt pantai yang bisa dieksplor ya disana... semoga kita ada rejekinya bisa balik ke jogja :) aamiin

Retno Andini said...

iyaaa supirnya epic gitu, gw ga paham deh kenapa haha

Retno Andini said...

aku jadi sadar kalo picky eater mba gara2 liburan kmrn 😂 seru mbaaa kesana, cobain kapan2 hihihi

Retno Andini said...

iyaaa bener bgt kak, ngangenin. aku kayaknya ga bosen2 deh kesana hahaha. hayuuuk kapan2, seru kali ya kalo rame-rame sm anak IHB :'D

Anindita Damayati said...

makasih sharingnya retno, jarang2 baca ttg gunung kidul, hehehe

Andiyani Achmad said...

Spot spot yang kudu banget didatengin kalo ke Yogya ini mah. Aku belun sempet ke sana. Thanks sharingnya retno

Desy Yusnita said...

Beberapa kali ke Yogya, tapi belum pernah ke pantai-pantainya. Sepertinya harus dicoba suatu hari diniatin merasakan pantai Yogya hehehe

Retno Andini said...

sama-sama mba Anin :D

Retno Andini said...

yeay semoga bisa ke Jogja dalam waktu dekat yaaa mba Aie :)

Retno Andini said...

akupun baru sekali mba Desss ke pantai2nya hihi ternyata banyak bgt :D semoga ya mba nanti kalau ke Jogja lagi :)

Cumilebay MazToro said...

Yaa allah kangen makan sambel di cobek itu hehehe
Btw tumben indrayanti sepi , biasa nya kayak cendol rame nya

Retno Andini said...

enak yah makan sambel cobek pinggir pantai. oh iya? hahak mungkin karena kesananya hari Senin x))

 
Designed by Beautifully Chaotic