Wednesday, February 8, 2017

Reksadana Online: Pilihan Investasi Anak Muda



Assalamualaikum!

Belakangan ini beredar artikel viral di social media maupun portal berita yang mengkaitkan anak muda (Gen Y) dengan ketidakmampuannya memiliki rumah. Membaca artikel tersebut, membuat saya dengan teman-teman agak resah dan tertawa geli. Sambil bertanya pada diri sendiri, "Apa iya gue gak bisa beli rumah?"


Artikel tersebut menggunakan hasil penelitian dengan dasar gaji Gen Y saat ini yang dibandingkan dengan tingkat inflasi serta kenaikan harga properti yang mencapai ratusan persen pada 5 tahun lagi. Sementara Gen Y yang saat ini berumur 20-30 tahun sedang memiliki banyak perencanaan. Mulai dari mempersiapkan pernikahan, memiliki tempat tinggal, traveling, hingga merencanakan biaya berumah tangga.

Kalau inflasi dijadikan batasan yang menyeramkan, salah satu cara untuk keep up dengannya adalah berinvestasi. Karena hasil investasi tiap tahunnya bisa lebih tinggi dari tingkat inflasi dengan rata-rata 3.87%.

Nah, investasi terbaik untuk menyelamatkan masa depan keuangan anak muda ini apa ya? Banyak sekali ahli yang mengatakan kalau "You are never too young to invest." Karena kenyataannya memang begitu. Semakin muda, semakin banyak perencanaan yang mulai bisa dilakukan. Terlebih semangat kerja sedang baik-baiknya. Sekarang tinggal menentukan investasi terbaik untuk anak muda.


Jenis investasi tidak sedikit. Ada obligasi, emas, saham, reksadana, obligasi, deposito, dan properti. Saat pertama kali saya menentukan investasi yang saya ambil, ada beberapa hal yang saya pertimbangkan. Pertama, kemampuan dana yang saya miliki. Kedua, tujuan investasi saya apakah jangka pendek atau jangka panjang. Ketiga, keuntungan yang didapat serta kerugian yang mungkin saya alami saat memilih investasi tersebut.

Dua tahun lalu, akhirnya saya memutuskan untuk berinvestasi dengan reksadana. Awalnya sempat ada rasa takut, secara saya adalah investor pemula. Namun ternyata saya tidak sendiri. Dari situlah saya mulai mempelajari banyak hal soal berinvestasi melalui reksadana. Alasan saya memilih reksadana, bisa dilihat di infografis ini.

Reksadana terlihat simpel. Ada banyak pilihan yang bisa kita ambil sesuai dengan karakter investor. Dimulai dari menentukan Manajer Investasi, yang nantinya akan kita percayakan dalam mengelola dana kita. Setelah itu tentu kita harus menentukan juga jenis reksadana yang akan kita ambil.
Seperti pada infografis di bawah ini. 
sumber: Danareksa.com


Berhubung saya menginginkan keuntungan yang tinggi, tentunya saya harus mengambil risiko yang juga tinggi. Maka saya ambil reksadana saham. Cocok untuk anak muda yang masih agresif dan memiliki dana investasi. Setelah itu saya memilih untuk auto debet dari rekening tabungan utama. Lalu saya tinggal duduk manis sambil memantau pergerakannya melalui layar handphone dan komputer. Eits, tapi tidak seluruh Manajer Investasi dapat memberikan fasilitas investornya untuk memantau akunnya secara online. Nah, baiknya cari yang bisa dipantau secara online. Seperti Investasi Reksa Dana Online DIM.



Saat ini kita sudah bisa melakukan transaksi investasi reksadana di depan komputer. Beberapa fitur yang dapat kita manfaatkan diantaranya:


  1. Transaksi Pemesanan Reksa Dana
  2. Keikutsertaan Program "Investasiku Masa Depanku"
  3. Penjualan Kembali Reksa Dana
  4. Laporan Saldo & Sejarah Transaksi Setiap harinya
  5. Posisi portofolio invesrasi.


Jadi tidak perlu bolak-balik ke cabang lagi untuk mendapatkan informasi terkait akun reksadana kita. Nah, jadi bagaimana sih cara mendaftar Reksa Dana Online DIM? Simak ya!

Gambar diolah dari sumber: Danareksa.com dengan sedikit perubahan

Informasi lebih lengkapnya, dapat dilihat melalui link ini ya: http://bit.ly/ReksaDanaDanareksa

"It's not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for." - Robert Kiyosaki

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Wassalamualaikum.


Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog ‘Blogging Competition - Reksa Dana Online DIM, Investasi Aman dan Mudah’. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management.


Share with the world:

12 comments:

  1. Reksadana sekarang marak ditawarkan jadi alternatif investasi ya.. cocok banget buat para muda-mudi masa kini hihihi XD Good luck Retno, semoga menang lomba blog nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Sandra. Sambil belajar jalan jadi investor pemula. Thanks mbaaa😘

      Delete
  2. Reksa dana ini termasuk RIBA ngak ??? kalo menurut hukum islam ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investasi reksadana diperbolehkan sm MUI kok om cum. Lebih disarankan lagi untuk reksadana syariah, karena pengolahan dananya sesuai dengan syariat Islam 😊

      Delete
  3. Wah aku buta abis sama reksadana retno, mamacih udah sharing 💋

    ReplyDelete
  4. Asli masih maju mundur mau reksadana online...baca tulisan retno kok kayaknya gampang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Gie, aku juga nyoba ikutan reksadana karena ngerasa simpel hihi

      Delete
  5. makasih share nyaa, aku kalau enggak karena postingan ini ga keingetan buat invest di masa muda nih ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  6. Reksadana memang simple, jangan pernah garu.
    Anak muda justru lebih bisa memiliki rumah, karena tanggungan beban hidup belum begitu berat.

    ReplyDelete
  7. Reksadana menurut aku sih investasi yang simple yah, cocok lah buat para ibu2 muda masa kini #eaaaaa hehehee

    Gutlak yah :)

    ReplyDelete

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic