Wednesday, February 1, 2017

Solusi untuk Risiko Memiliki Kendaraan Bermotor




Assalamualaikum!



Saat memutuskan untuk memiliki kendaraan bermotor, muncul pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab secepatnya. Salah satunya, apakah mobil dan motor kita perlu diasuransikan? Keputusannya ada di kita sebagai pemilik yang sekaligus menjadi penggunanya.

Selasa 31/01 lalu di Foodism Kemang, saya berkesempatan mengikuti talkshow tentang Pentingnya Asuransi untuk Kendaraan Bermotor, yang ternyata cukup mencerahkan. Talkshow tersebut memiliki dua narasumber yaitu Indra Prabowo selaku Managing Editor mobil123.com dan otospirit.com serta Danny Sutardji, Product Management Analyst PT. Asuransi Adira Dinamika Underwriting MV 2016. 

Anggaplah kita terbiasa menggunakan mobil dan tinggal di tengah Jakarta yang kondisinya super ramai dan butuh kemampuan khusus untuk adaptasi dengan kondisi lalu lintasnya. Tentu akan ada risiko yang akan dihadapi oleh mobil yang kita miliki. Mulai dari kecelakaan, pencurian, dan kebakaran. Risiko tersebut datangnya tidak bisa diperhitungkan, maka kita harus selalu siap  apabila suatu saat terjadi. Beda ceritanya kalau kita sudah 'menyerahkan' risiko-risiko tadi ke penyedia asuransi. Sehingga kita tidak perlu lagi was-was dengan kendaraan yang kita miliki, secara semua sudah terproteksi.


Asuransi itu apa sih?

Asuransi adalah pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat).


Jaminan asuransi untuk kendaraan bermotor dibagi menjadi dua jenis yaitu Komprehensif dan Total Loss Only (TLO). Perbedaan keduanya terletak pada cakupan jaminan atas kerugian yang dialami.

Produk asuransi Komprehensif, selain menanggung jaminan dasar risiko (kecelakaan, pencurian, dan kebakaran), juga memiliki jaminan perluasan atas risiko banjir, badai, huru-hara dan kerusuhan, dan bencana alam. (Usia kendaraan maks. 8 tahun)

Sedangkan untuk produk asuransi Total Loss Only (TLO), memiliki jaminan perluasan tanggung jawab hukum terhadap pihak ke tiga (Third Party Liability/TPL), yaitu jaminan ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga, yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan yang dipertanggungkan. Selain itu TLO juga memiliki jaminan perluasan atas kecelakaan diri yang berupa jaminan terhadap kematian, cedera yang mengakibatkan cacat bagi penumpang yang berada di dalam kendaraan yang dipertanggungkan.



Faktor pertimbangan dalam memilih jenis asuransi, bisa dilihat dari apa yang kita hadapi sehari-hari saat menggunakan kendaraan. Misalnya dari lalu lintas yang dihadapi, apakah berisiko tinggi? Kemudian dari karakter pengemudi, yang tentunya sedikit banyak menentukan jenis risiko yang bakal kita ambil dalam menentukan asuransi.



Talkshow tersebut berjalan sangat menarik. Sehingga banyak pertanyaan yang diajukan oleh para blogger dan media yang hadir di siang hari itu. Ditambah lagi ada penampilan dari sebuah band yang sangat menghibur dengan membawakan beberapa lagu hits yang nyaman didengarkan tamu yang hadir.




Kembali mengenai asuransi. Luasnya cakupan jaminan asuransi, tidak menutup kemungkinan kalau asuransi memberikan beberapa pengecualian akan beberapa risiko yang tidak akan dijamin. Diantaranya kehilangan keuntungan karena kendaraan bermotor yang dipertanggungkan mengalami kecelakaan atau sebab lain, kerusakan atau kehilangan peralatan tambahan yang tidak disebut dalam ikhtisar pertanggungan, kerusakan atau kehilangan akibat penggelapan, dan kerusakan atau kerugian yang disebabkan atas perbuatan jahat yang dilakukan penanggung.

Wah, ternyata banyak yang perlu dipelajari nih soal asuransi. Pada saat ingin mengajukan asuransi kendaraan bermotor, sebaiknya dipelajari dulu jenis yang ingin kita ambil. Jangan malah sebaliknya ya! Penasaran dengan info lebih lengkap? Bisa mengunjungi Mobil123:  Portal Otomotif no. 1 ya.

Terakhir, berikut ini ada foto bersama blogger-blogger yang juga ikut hadir pada Talkshow Selasa lalu. Terima kasih atas kesempatannya, ISB! :)




Wassalamualaikum.
Share with the world:

56 comments:

iffahsari musyrifah said...

Aku masih gangerti tentang asuransi :((((

Lisna Ardhini said...

Aku juga pakai untuk asuransi kendaraan bermotor, tapi biasanya satu paket sama leasingnya, hehehe.

Ingga Bia Putri said...

aku termasuk orang yang buta asuransi, jadi pengen cari tau lebih banyak nih :) makasi ya retno sharingnya

lahiya said...

Aku malah fokus ke makanannya :3 hahaha

Salam,
Pink

Retno Andini said...

Aku puuun, makanya masih belajar sana-sini hihihi

Retno Andini said...

Oh ya mbaa ada yg sepaket sama leasingnya ya. Jadi lebih mudah prosesnya­čść

Retno Andini said...

Belajar bareeeng haha masamaaa kakak­čśä

Retno Andini said...

Hehehe makanannya bikin salah fokus ya xp

Roswitha Jassin said...

Penting banget pakai asuransi terutama untuk kendaraan yang kita pakai sehari-hari. Jujur aku pilih tlo saja ni karena premi jauh lebih terjangkau drpd all risk hehehe

Ani Berta said...

Makin terbuka wawasan tentang asuransi di acara ini :)

Papi KYH said...

Wa alaikum salam. Tulisannya ringan tapi renyah ya. Mantaf dah. Asuransi sekarang menjamur dimanapun kita membeli kudu include ma perlindungannya ya mak?

Kurnia amelia said...

Sebelum kita memilih asuransi wajib banget nih baca yang dipertanggung dan ga.

Yogi Setiawan said...

ngiler liat foto makanannya... -salah fokus- hihihi

mantap mba, bermanfaat infonya..

Ria Buchari said...

seru ya mba retno acaranya, byk dpt ilmu :)

Retno Andini said...

Wah iya, karena kita diminta untuk memilih yg sesuai dengan kebutuhan ya mba :)

Retno Andini said...

Iya teh jadi nambah ilmu hihihi

Retno Andini said...

Makasih :) iya skrg enaknya saat membeli sudah termasuk asuransinya ya.

Retno Andini said...

Iya jangan smp menyesal karena ada informasi yg keskio di awal :D

Retno Andini said...

Hahaha.. Alhamdulillah kalau bermanfaat :)

Retno Andini said...

Iya nih mba, nambah ilmu nambah temen :)

Hermini Yuliawati said...

Wihh keren nih infonya.

Teddy Rustandi said...

Seru yah acaranya sedikitnya jd tau pentingnya Asuransi kendaraan...

windah tsu said...

Aku belajar soal asuransi dari acara ini. Meski masih pusing sama istilahnya

Fitria Dwi S said...

Halo, salam kenal mbak!

Dari acara kemarin, jadi makin paham asuransi kendaraan sama pentingnya dengan asuransi jiwa :)

Tika Samosir said...

Asuransi sudah menjadi bahagian dari hidup kita ya Mba.

Timo said...

Iya kadang suka galau, pilih yang komprehensif atau yg TLO nih huahaha.

Sumiyati Sapriasih said...

Walaupun masih belajar, terus gali ilmunya datang ke gathering biar nambah ilmu lebih banyak :)

Sumiyati Sapriasih said...

Walaupun masih belajar, terus gali ilmunya datang ke gathering biar nambah ilmu lebih banyak :)

Reni said...

Tuuh kan, msh bnyk yg abu2 ya ttng asuransi, beruntung ya kita dpt hadir d acara mobil123, bs kt bagikan ilmu nya ��

claragustinia said...

Wah skrg aku jadi mengerti pentingnya untuk asuransi kendaraan.

William Giovanni said...

Nah jadi paham manfaat asuransi kendaraan, ternyata penting banget ya

tutyqueen said...

asuransi kendaraan penting banget ya secara kita sering pakai dijalanan yang bisa saja terjadi hal-hal yang nggak diinginkan

Choirul Huda said...

lha, kok saya jadi gagal fokus sama foto kedua nih
*efek sarapan pagi2 hehehe

tapi setuju mbak, dengan asuransi, kita bisa meminimalkan risiko yang ada
sekaligus antisipasi kalau ada hal2 yang nggak diinginkan

Liswanti Pertiwi said...

Risiko kendaraan bisa terjadi di jalan raya, berasuransi memang penting banget ya

ANDRI said...

Pencerahan nih tentang asuransi

Retno Andini said...

Thanks mbak..

Retno Andini said...

Iya acaranya bermanfaat mas :)

Retno Andini said...

Tosss mbak. Aku juga masih suka bingung sama istilah-istilahnya hehe

Retno Andini said...

Setuju. Sama pentingnya ya :)

Retno Andini said...

Yes banget mbak Tika..

Retno Andini said...

Hahaha.. Butuh banyak pertimbangan yess

Retno Andini said...

Iya bu, ilmu pasti nambah terus ya insya Allah

Retno Andini said...

Iyaaah, yg awalnya blank jadi lebih tau deh ya mbak

Retno Andini said...

Asikk. Semoga bermanfaat mbak Clara

Retno Andini said...

Bangeeet pentingnya­čść

Retno Andini said...

Iyaa yg di luar perkiraan kita ya mbak, disitu peran asuransi hihi

Retno Andini said...

Iyaaa meminimalisir risiko. Setuju bgt.

Retno Andini said...

Penting banget mba, risikonya makin banyak soalnya.

Retno Andini said...

Alhamdulillah :)

windhu said...

bermanfaat tulisannya mbak, sama bermanfaatnya dengan asuransi kendaraan bermotor

Yulia Rahmawati said...

Resiko kendaraan bisa dialihkan dg asuransi

Dede Ariyanto said...

Seru uy. Udah gitu dapet ilmu banyak.

Retno Andini said...

Makasih mba Windhu :)

Retno Andini said...

Iya mba, asuransi untuk mengamankan risiko :)

Retno Andini said...

Iya mba, asuransi untuk mengamankan risiko :)

Retno Andini said...

Setuju mas :)

 
Designed by Beautifully Chaotic