Wednesday, August 30, 2017

Cara Terbaik Untuk Menikmati Keindahan Pulau 3 Gili

(Source: bali-lombok-fastboats.com)
Assalamualaikum!

Di Indonesia, ada tiga pulau menawan yang pamornya sudah terkenal sampai ke berbagai belahan dunia. Banyak bule yang rela datang dari jauh hanya untuk menikmati keindahannya. Hebatnya, pulau ini pun lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara daripada domestik. Bahkan, turis lokal justru terlihat seperti orang asing karena sangking banyaknya bule yang liburan di sana.


Orang menyebutnya tempat ini Pulau 3 Gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Letaknya ada di utara pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa menggunakan kapal Ferry atau speedboat dari pelabuhan Padang Bai. Jika menggunakan speedboat, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ketiga pulau ini jauh lebih cepat karena kapal yang digunakan akan langsung berlabuh di pelabuhan Gili Trawangan. Sedangkan kalau menggunakan kapal Ferry, kamu harus terlebih dahulu berlabuh di pelabuhan Lembar yang ada dilanjutkan dengan perjalanan darat selama beberapa jam, lalu kembali menyebrang menggunakan kapal kecil ke Gili Trawangan.

Untuk Pejalanan dari Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa menggunakan pesawat terbang. Ada banyak maskapai penerbangan yang bisa kamu pilih, salah satunya maskapai Ciltilink. Carilah  tiket promo murah sejak jauh hari agar kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik. Untuk mendapatkan tiket promo Citilink, kamu bisa kunjungi situs Reservasi.com yang juga bisa kamu gunakan untuk memesan kamar hotel murah.

Setelah sampai di pulau 3 Gili, Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati semua pesonanya. Pertama, kamu harus memilih penginapan yang ada di ketiga pulau yang berdekatan tersebut. Kalau kamu memilih penginapan di Gili Trawangan, kamu bisa mendapatkan berbagai keramaian dan fasilitas yang paling lengkap karena pulau ini adalah pusat pariwisata di pulau 3 Gili. Tapi jika kamu memilih penginapan yang lebih tenang dan sepi, Gili Air dan Gili Meno bisa jadi pilihan.

Untuk menikmati suasana malam yang seru, Gili Trawangan tempatnya. Di sini, ada pasar kuliner yang menyajikan makanan laut yang komplit. Ada lobster, ikan kerapu, sampai ikan pari. Ada juga menu lainnya seperti ayam goreng. Semua bisa kamu pesan dengan harga terjangkau. Di pasar kuliner ini, kamu juga bisa bercengkrama dengan wisatawan asing karena biasanya mereka mencari makan di tempat ini. Di Gili Trawangan juga ada lebih banyak bar yang menggelar pesta secara bergantian. Dengan bagitu, kamu yang suka berpesta sangat cocok bermalam di Gili Trawangan.

Sedangkan Gili Meno dan Gili Air adalah tempat paling nyaman untuk makan siang. Suasananya lebih sepi dan tenang. Jadi, kamu bisa lebih nyaman bersantai. Untuk menginjakan kaki ke Gili Meno dan Gili Air, kamu cukup menaiki kapal kecil dari pelabuhan Gili Trawangan hanya dengan membayar uang sebesar Rp 15 ribuan.

Untuk melihat sunset, Gili Trawangan juga jadi plihan terbaik. Pulau yang satu ini punya spot paling epic untuk melihat keindahan matahari terbenam. Para Wisatawan biasa menyebutnya sunset beach yang ada di pesisir barat. Di tempat ini, terdapat sebuah ayunan untuk 2 orang yang berdiri di laut. Menikmati sunset sambil menaiki ayunan milik Ombak Sunset ini tentu akan jadi momen romantis bagis etiap pasangan.

Tapi sebelum itu, kamu juga harus coba menyewa sepeda yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 25 ribu - Rp 50 ribu per hari per sepeda. Dengan bersepeda, kamu bisa menyusuri tepian pantai GIli Trawangan, pergi ke tempat-tempat yang lebih tersembunyi, dan mengeksplor seluruh keindahannya. Pulau ini tidaklah luas. Untuk mengelilinginya dengan sepeda, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam. Di Gili Trawangan, tidak ada kendaraan bermotor, jadi bersepeda di sini sangat aman dan jauh dari polusi.

Belum cukup sampai di situ, kamu juga harus menyelam di perairan pulau 3 Gili. Ada banyak penyedia jasa snorkeling yang bisa kamu booking. Sekali bayar, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air sekaligus selama seharian. Pemandangan bawah laut di sini sangat menawan. Banyak karang dan ikan-ikan kecil yang bisa kamu dekati dengan memberinya roti langsung dari dalam air. Airnya juga jernih sehingga kamu bisa melihat dasarnya dari permukaan. Namun arus laut diperairan pulau 3 Gili bisa cukup kencang di satu waktu. Jadi pastikan kamu memakan alat keselamatan saat melakukan snorkeling untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan. Btw, harga yang kamu bayarkan untuk sekali snorkeling biasanya sudah termasuk makan siang dan sewa kapal.

Terakhir, kalau kamu masih punya uang dan waktu lebih, cobalah untuk sailing ke pulau berikutnya seperti pulau-pulau di Kepulauan Komodo. Kalau kamu beruntung selama perjalanan, kamu bisa melihat sekelompok lumba-lumba yang melompat dengan anggun di tengah laut dari atas kapal.

Jadi tunggu apalagi? Buruan ke Lombok dan nikmati pesona tak terlupakan yang ada di pulau 3 Gili.

Waalaikumsalam. :D
Share with the world:

9 comments:

  1. Penasaran sama keindahannya. :D Semoga kelak bisa ke Lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mba! Aku pun pengen bgt ih kesana mba hihi

      Delete
  2. Jangan ditanya deh kalau di sana. Emang keren banget pemandangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss selalu deh foto2 Gili yg berseliweran di instagram tuh bikin mupeeeng abis xD

      Delete
  3. Aku dah pernah ke 3 gili itu.. dan gili air + meno sepi tenaaaaan hahahhaha asli kalau malem2 kayak terdampar di pulau antah berantah hahahah :D paling rame emang gili trawangan, tapi untuk santai2 dan suasana yg lebih damai mending gili air or meno :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya mbaaa, serunya mungkin buat yg mau escaping from Jakarta ya. Aku pengen malaaah ke pulau yg sepi gitu, biar terasanya di private island hihihi

      Delete
    2. Setuju sm Sandra, Gili Trawangan rame, klo aku suka nya ke Gili Meno hehe

      Delete
  4. ternyata gilinya ada 3 yah, saya pikirnya cuman ada gili trawangan aja. mudah-mudahan di tahun ini bisa eksplore ketiga pulaunya, dari fotonya keliatan cantik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mas ada 3. Aminnn! Semoga terwujud ya di tahun ini hihi

      Delete

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic