Wednesday, September 27, 2017

Review Sakura Koi Water Colors Pocket Field Sketch Box


Halooo... Assalamualaikum!

Very glad to get back. 😂 Setelah hampir sebulan nggak muncul untuk tulisan baru, somehow rasanya kayak bersalah aja gitu. Sambil mikir, ngapain aja gue sebulan ini sampe nggak ngepost apapun. Diinget-inget, sebulan terakhir ini memang ada kesenangan baru sih di rumah. Sampai lupa banget ngeblog, saking serunya.

Dalam sebulan ini, aku mengisi waktu luang untuk melukis dengan cat air. Sebelumnya nggak ada bakat sama sekali. Cuma seneng aja, dan kebetulan banget ketemu temen yang sejalan. 😍 Jadinya makin semangat untuk memulai ini. Akhirnya jadi belajar juga soal melukis sedikit demi sedikit dan cari tahu starter kit yang cocok untuk pemula.

Awalnya, aku sempat memakai watercolors merk Giotto. Affordable dan cocok banget untuk pemula. Tapi dikarenakan ada keinginan untuk upgrade, dan penasaran banget sama watercolor yang mau aku review ini, jadi deh beli. Sakura Koi Water Colors ini memang banyak direkomendasikan orang. Termasuk juga oleh temanku yang satu itu. 



Cat air ini dibalut dengan kemasan luar berwarna hitam. Pada kemasannya, kita dapat membaca beberapa informasi dalam tiga bahasa, yaitu inggris, prancis, dan spanyol. Beberapa informasi yang dapat kita temukan di antaranya:
- Isi Pocket Field Sketch Box yang terdiri dari 12 blok warna, water brush, dan sponge
- Cara penggunaan dan perawatan water brush
- Keterangan 12 warna
- Perhatian untuk penggunaan oleh anak di atas usia 14 tahun
- Tempat produksi dan lisensi Koi Water Colors


Box Koi Water Colors ini warnanya putih tulang. Saat dibuka, kita akan melihat setengah boxnya berisi 12 block warna, dan selebihnya adalah water brush dan sebuah sponge. Penasaran sama warnanya kalau sudah dipindahkan ke atas kertas? Nih, lihat di gambar bawah ini.

Watercolornya dikemas dalam pocket box, jadinya sangat handy, dan bisa untuk dibawa kemana-mana. Untuk jumlah warnanya sendiri, ada beberapa pilihan. Ada yang isinya, 12, 24, ,30, 36 sampai 48 warna. Bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. Kalau aku sendiri, memilih yang isi 12 warna. Karena saat ini aku masih pemula, dan mau belajar blending warna juga dengan sejumlah warna yang ada.

Penamaan warna water color ini agak berbeda dibanding banyak merek lainnya. Dimulai dari chinese white hingga ivory black. Semuanya unik. Selain itu, meskipun warnanya terlihat basic, tapi hasil saat digoreskan di kertas terlihat soft dan dan sangat mudah untuk dikombinasikan.


Selain soal warnanya, hal lain yang aku suka dari Koi Water Colors ini adalah water brush-nya dengan size #6 (round medium)! Ini adalah pertama kalinya aku menggunakan water brush, jadi harus cari tahu dulu bagaimana cara penggunaannya. Nah untungnya, pada box kemasan dijelaskan secara rinci cara pemakaian dan perawatannya. Jadi makin semangat! Menurutku water brush memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan kuas cat air konvensional. Pertama, aplikatornya lebih kuat dan tidak mudah rontok. Kedua, lebih mudah dibersihkan karena materialnya dari plastik. Ketiga, lebih mudah digunakan untuk beberapa warna sekaligus. Karena aku masih merasa gagal saat mengganti warna menggunakan kuas yang sama. Keempat, water brush memiliki water tank. Jadinya nggak perlu untuk tambah-tambah air. Hasilnya jadi lebih rapi deh meja lukisnya.

Oh ya, sebelum membeli water colors ini, aku agak sedikit ragu karena harganya yang cukup pricey. Saat mengecek ke toko buku dan toko alat lukis, harga produk ini sekitar 180 - 200 rb untuk isi 12 warna. Is it worth it? :( Soalnya aku pemula, jadi belum berani invest seharga itu untuk starter kit. Tapi.... Saat aku cek si tokop*dia, ternyata ada toko alat lukis yang menawarkan dengan harga yang jauh lebih murah, yaitu 140.000 aja. Langsung add to cart deh tanpa mikir lama, sis. :p 

Hasil penggunaan water color ini transparan dan soft, sesuai dengan yang aku inginkan juga. Selain itu juga cepat sekali keringnya. Overall, aku puas sekali dengan hasilnya. Berikut merupakan salah satu hasil melukis dengan penggunaan Koi Water Colors. Mungkin nantinya aku juga akan share lebih banyak lagi hasil lukisan di akun instagram personalku. Hihi. Oh ya, ada juga kah yang suka melukis? Bisa yuk share kit kamu di kolom komentar. :)


Wassalamualaikum.

Share with the world:

2 comments:

  1. Ini pen brush sama watercolornya Koi emang recommended banget, apalagi buat handlettering. Warnanya juga cantik-cantik ya Din, jadi mau invest abis cat palet Giotto-ku abis. Btw lukisanmu bagus-bagus loh, keep on going ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa seneng bgt sama brushnya, bikin gak pengen balik ke brush konvensional. 😂 giotto oke jg sih ya sebenernya, tapi koi emg lbh bikin penasaran 😋 makasih ratri, bikin semangat aja... Hihihi

      Delete

Leave your comment below :)

 
Designed by Beautifully Chaotic