Tuesday, April 17, 2018

Nyobain Menu Spesial Ramadhan di Gastromaquia

Kurang dari sebulan lagi, bulan ramadhan sudah siap untuk disambut dengan sukacita. Bersamaan dengan itu, pembicaraan grup-grup mulai membahas rencana buka bersama. Sebagian bisa terlaksana, sebagian cuma jadi wacana. Hahaha, sering terjadi! Kadang, untuk menentukan tempat buka puasa aja bisa jadi pembicaraan berhari-hari. Padahal kriteria tempat bukber tuh biasanya cuma ada 3. 
1. lokasinya strategis
2. tempatnya asik untuk ngobrol berlama-lama
3. masakannya cocok untuk semua selera


Gastromaquia, Senopati
Untuk ketiga kriteria tersebut, ada sebuah restoran di Senopati, Jakarta Selatan yang bakal cocok banget untuk jadi pilihan lokasi bukber nanti. Gastromaquia merupakan restoran yang menyajikan makanan khas Spanyol dan memiliki menu spesial selama bulan Ramadhan. Restoran ini terdiri dari dua lantai dengan tatanan ruang berciri khas Spanyol.

Interior Gastromaquia

Hampir seluruh interior yang ada di restoran ini berkaitan dengan peralatan di dapur. Kreatif, ya? Konsep Gastromaquia yang begitu into detail ini tentu tidak terlepas dari sejarahnya. Gastromaquia berdiri sejak tahun 2008 di Madrid. Kesukesannya disana ditandai dengan bertahannya restoran ini selama tiga tahun berturut-turut sebagai 50 restoran terbaik dari TripAdvisor. Maka dari itu, Gastromaquia akhirnya dengan bangga membuka restoran di Jakarta, Indonesia, untuk memperkenalkan citarasa dan konsep ruangan yang sangat kental dengan Spanyol.
Pada 15 April 2018, aku mendapatkan kesempatan dari Clozette Indonesia untuk mencicipi menu spesial Ramadhan di Gastromaquia. Aku memilih untuk duduk di lantai 2 pada kunjungan pertamaku ini. Ambience yang berusaha dihadirkan oleh restoran ini membuatku merasa disambut dengan hangat. Selain itu, penataan kursi dan meja disini dibuat tidak terlalu dekat satu sama lainnya. Sehingga kita merasa memiliki space yang cukup untuk makan dan mengobrol tanpa perlu merasa terganggu dengan pengunjung lain.

Gastromaquia menyediakan beberapa menu spesial selama bulan Ramadhan nanti. Meskipun restoran ini terkenal dengan kekhasan dalam menyajikan masakan western, tapi pada Ramadhan nanti bakal ada menu yang benar-benar Indonesia banget. Berikut beberapa pilihan menu spesialnya:

Meat Ball Sandwich Rp80.000++
Chicken Thigh with Salad Rp90.000++
Fettuccine with Mixed Mushroom and Creamy Truffle Sauce Rp90.000++
Soto Ayam Gastro with Rice Rp80.000++
Gulai Kikil and Renang with Rice Rp98.000++
Seafood Egg Yolk with Rice Rp95.000++
Ramadhan Yu Shang 


Jadi, mau nyobain yang mana ya?

Fettuccine with Mixed Mushroom and Creamy Truffle Sauce 

Rasanya sayang banget kalau datang kesini tapi nggak nyobain pasta dengan citarasa Spanyol! Jadi salah satu menu spesial ramadhan yang kucoba adalah Fettuccine di atas. Sekilas bumbunya mirip seperti yang biasa kulihat pada Spaghetti Aglio Olio. Tapi ternyata beda, guys! Dari mulai bahan dasarnya aja, alias pasta, terasa agak lebih thick dan kenyal saat di mulut. Ternyata khusus fettuccine, Gastromaquia mengolah sendiri lho di dapurnya. Pada menu ini, ada beberapa jenis jamur yang dipakai. Yaitu truffle, shitake, dan champignon mushroom. Meskipun sama-sama mushroom, tapi ketiganya memberikan rasa dan tekstur yang berbeda saat dicicipi. Lebih spesialnya lagi, fettucine ini disajikan dengan truffle oil, minyak yang berasal dari jamur truffle itu sendiri. Jadi nggak heran deh fettuccine ini terasa oily banget saat di mulut. Ditambah ada beberapa slice keju permesan yang bikin lebih creamy. Cocok banget untuk jadi menu buka puasa nanti! :))

Ramadhan Yu Shang
Kalau melihat foto di atas, pasti sempat terpikir nggak sih kalau itu tumpeng? :D :D
Awalnya aku pikir juga begitu, tapi dilihat dari namanya aja udah beda yaaa. Ramadhan Yu Shang ini terdiri dari beberapa lauk dan tumisan. Diantaranya adalah ikan teri, tempe orek, oseng tahu dan kacang panjang, telur dadar iris, serundeng, tumis bawang, tumis cabai, tumis tomat, kerupuk, ayam goreng, dan ikan mujaer goreng.

Banyak banget nggak sih? Abis nggak ya?
Tenang, foto di atas adalah porsi untuk 4 orang. Kamu bisa pesan sesuai dengan jumlah anggota bukber nanti, yang udah pasti rame-rame kaan? Jangan lupa untuk reservasi dulu sebelum pesan Yu Shang Ramadhan ini, karena persiapannya cukup banyak untuk menu yang satu ini.

Ternyata aku tidak dibuat kaget sampai disitu saja. Karena kejutan selanjutnya adalah.... nasi di atas perlu dicampur dengan lauk pauk dan beberapa tumisannya. Glek! Bakal kayak apa ya kira-kira rasanya?


Sambil mencampur nasi serta lauk-pauknya, pegawai Gastromaquia menjelaskan kalau penamaan Yu Shang Ramadhan ini juga mengandung filosofi sendiri. Yu Shang berasal dari sebuah tradisi makan bersama di China yang biasanya diadakan pada hari-hari besar. Makan sepiring bersama-sama tentu meningkatkan rasa kebersamaan dan keseruan tersendiri.
Setelah nasi dicampur dengan lauk pauk dan beberapa tumisan sesuai selera, tidak lupa telur dadar iris ditaburkan di atasnya. Terlihat tetap meriah, kan? Melihat proses penyajiannya yang tidak mudah ini, aku jadi tambah penasaran akan seperti apa rasanya. Kemudian pelan-pelan aku mencobanya dengan potongan paha ayam yang gurih banget. Ternyata setelah dicampur, nasi ini memiliki rasa yang sangat kaya. Seluruh unsur sudah menyatu dalam setiap yang aku makan. Surprisingly, rasanya enak!

Kalau kamu mau nyobain juga, jangan lupa untuk reservasi h-1 ya saat bulan Ramadhan nanti. Pastikan juga mau pilih ayam goreng atau ikan goreng sebagai lauk utamanya pada saat reservasi. Harga per pax untuk Ramadhan Yu Shang Rp85.000++. Minimal order untuk 4 orang. Dijamin makin ramai, makin seru makannya! :))

Harga untuk 4 pax sesudah pajak Rp 100.980 * 4= Rp 403.920 nett.

Pssst.. bakal ada free ta'jil juga selama Ramadhan nanti.

Chocolate Mousse

Semacam ada yang kurang kalau makan besar tanpa dessert, jadinya aku memesan Chocolate Mousse untuk penutup. Menu ini bukan spesial Ramadhan ya, jadi bisa dipesan kapanpun kamu mau. Menu yang konon berasal dari Perancis ini memang cocok banget untuk dijadikan pencuci mulut. Seperti namanya, Mousse, dessert ini terasa lembut bergelembung dengan kadar coklat yang cukup tinggi dan kental. Apalagi saat masih dingin, benar-benar bikin happy!


Terlalu banyak menu yang perlu dicoba di Gastromaquia. Ketiga menu di atas rasanya masih belum cukup ya? Kalau mau explore menu di atas dan menu lainnya, bisa datang ke

Gastromaquia (https://www.gastromaquia.com/)
Instagram: @gastromaquia
Kebayoran Baru No, Jl. Ciniru I No.1, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Berikut aku kasih bocoran beberapa menu dari Gastromaquia. 
 

Once again, terima kasih Clozette untuk kesempatannya nyobain menu spesial Ramadhan di Gastromaquia. We're just sooo happy!
Share with the world:

6 comments:

Dine Aisah said...

Sumpaaah itu makanan bikin berdecap nih mulut.. wkwkwkwk..
Spagetinya enak kayanya ya mba :’)
Bookmark daah ini artikel, bisa buat refrensi nanti aku buka bersama dengan keluarga

www.sistersdyne.com

weddewi said...

Yaolooo bentar lagi puasa yak. Sungguh cepat sekali. Kalo mau bukber di senopati mesti jauh jauh hari nih yak. Pasti rameeeee

Sandra Nova said...

Yaaa ampuuuuun itu yu shang kenapa menggoda amaaat hahahaha secara aku lebih milih nasi dibanding makanan bule.. ya Allah ngeces parah hahahaha. Udah beberapa kali baca review ttg gastromaquia ini tapi baru sekarang kayaknya ada menu lengkap kayak bancakan, pengen kesini nyobain aaah :D

annisa amalia said...

aku kesana pas bukber taun lalu bareng keluargaaa, baru tau tnyt tiap taun menu ramadhannya beda2 ya. ahhh taun ini mau cobain yg yushang aaahhhhh

Inka Paramita said...

Jarang jarang ya ada restoran western yang akhirnya bikin menu spesial semacam "nasi keroyokan" gitu hihi. kalo buat Buka puasa pasti seru banget deh makan si Ramadhan Yu Shang itu.. Baru selingannya makan Fetuchini nya deh hihi..

Retno Andini said...

Dine Aisah: Aku pun ngetiknya teteup sambil berdecap lapar haha.. Enak mba, recommended :))
Weddewi: Gak terasa banget ya mba udah mau puasa aja ini.. Bangettt, senop bakal jd most favorite place org2 bukber kayaknya nihh
Sandra Nova: Iyaaa menu ini baru keluar skrg mba, tahun lalu katanya nasi liwet gitu hihi cobain mba, endeuss
Annisa amalia: Beda-beda mba katanya hihi, jadinya tiap tahun bs nyobain menu baru deh :DD
Inka Paramita: Jarang-jarang ya mba.. Cucok bgt bener nih fettuccine-nya, rasanya bikin kangen ehehehe

 
Designed by Beautifully Chaotic