Saturday, November 30, 2019

Latsar CPNS. kayak gimana sih?


Halooo, assalamualaikum!

Nyaris akhir tahun ya, akhirnya bisa mengisi blog ini lagi. Jadi selama 4 bulan terakhir ngapain aja sampai gak ngeblog, sis? 😂

*take a deep breath*

Berhubung di awal tahun ini aku memulai hidup baru di salah satu instansi pemerintahan, jadinya perlu banyak adaptasi yang dibutuhkan, guys! Termasuk alokasi waktu yang semula untuk ngeblog, dialihkan ke aktivitas berfaedah lainnya yang sungguh mengejutkan. Tahun ini rasanya di luar perkiraan banget, perlu banyak persiapan dan persiapan. Kata kuncinya memang disitu. Sama seperti saat mau berangkat latsar CPNS bulan lalu, langsung heboh cari info sana-sini soal apa yang perlu disiapkan dan bagaimana sistemnya disana. Akhirnya menggabungkan info-info dari blog dan teman-teman lainnya yang jadinya cukup bikin pucing karena entah valid apa ngga. lol 😅

Makanya di postingan kali ini, aku ingin share sedikit soal info-info berdasarkan pengalamanku yang kira-kira dibutuhkan teman-teman yang akan menjalankan latsar. Hope it helps!

Seragamnya gimana sih? Kemejanya? Rok atau celana?
Ini salah satu yang paling banyak dipertanyakan sama calon peserta latsar, karena aku pun begitu. Intinya sih, bawa seragam sesuai ketentuan yang diberikan instansi. Misal, untuk perempuan diwajibkan memakai rok hitam dan kemeja panjang. Tinggal deh dicari rok hitam panjang yang kira-kira bisa nyaman dipakai seharian namun tetap formal. Kalau kemeja putih panjang, banyak kok di toko seragam sekolah. Sepatunya gimana? Tentunya sepatu pantofel hitam yang nyaman dipakai yaa. Karena sepatu ini bakal selalu dipakai, jadi nyaman itu penting ya guys... 😎
Disana ngapain aja sih?
Percayalah, masa on campus ini bakal jadi salah satu momen yang bakal kamu ingat selalu di tahun-tahun mendatang. Karena selama latsar, kita bakal lebih mengenal lebih dekat teman-teman satu instansi yang sebelumnya mungkin kamu cuma lempar senyum saat ketemu di kantor. Selain itu, kita bakal lebih belajar soal pentingnya kerja sama dan bagaimana mewujudkan banyak hal dengan ketepatan waktu.
Selama on campus, kita bakal diberikan materi pembelajaran yang menurutku bermanfaat banget untuk membentuk mental ASN yang profesional. Suasana belajarnya pun menyenangkan banget, mirip metode belajar saat kuliah dulu. Duh, jadi pengen kuliah lagi! Kita bakal lebih banyak berdiskusi dan saling bertukar pandangan tentang isu-isu terkini.
Tugas disana berat gak sih?
Menurutku semua tugas sudah diberikan pada porsinya, jadi gak perlu khawatir ada tugas yang gak terselesaikan. Selama kita yakin dan saling menyemangati sesama teman, tugas pasti selesai di waktu yang tepat deh. Karena momen-momen ngerjain tugas sampai malam itu pada akhirnya bakal diingat selalu sampai kapanpun.
 Gimana caranya biar lulus latsar?
Hal pertama yang perlu dilakukan pastinya follow the rules. Ikuti seluruh peraturan yang sudah dibuat, karena itu bakal memudahkan kita menuju tahap selanjutnya. Yang kedua, jaga kesehatan. Bagi aku yang suka tiba-tiba tumbang, bawa multivitamin itu kewajiban banget selama latsar. Karena yang tahu kondisi badan kita kan kita sendiri, jadi bersiaplah~ Yang ketiga, lakukan semua dengan sungguh-sungguh dan santuy! Kalau dulu istilahnya sersan (serius santai) yaaa. Kerjakan setiap tugas dengan sebaik-baiknya. Bukan melulu soal hasil akhirnya ya guys, tapi bagaimana proses belajarnya dapat membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik. Cie.

Hmm.. kira-kira info apa lagi ya yang dicari? Rancangan aktualisasi?

Sekian dulu informasi yang bisa aku bagikan, semoga bermanfaat untuk mengisi kebingungan teman-teman seperti diriku 2 bulan yang lalu. Sampai bertemu lagi... Wassalamualaikum!

No comments:

 
Designed by Beautifully Chaotic