Tuesday, March 24, 2020

Work From Home dan #DiRumahAja, Ngapain Ya?

Lewat seminggu di rumah, mulai kehabisan ide nggak sih mau ngapain lagi? Semoga nggak ya. Selain menikmati waktu bersama keluarga, jadi mulai kepikiran kegiatan-kegiatan yang selama ini pengen dilakukan tapi belum kesampaian karena terbentur waktu. Berikut kegiatan yang biasa aku lakukan selama Work from Home dan #dirumahaja, siapa tau bisa jadi inspirasi juga untuk kamu.

1. Olahraga sederhana
Kalau biasanya kita terbiasa untuk jalan kaki dengan hitungan yang banyak saat berada di luar rumah, sekarang jadi bingung deh olahraganya gimana. Akhirnya aku mulai cari-cari video mini exercise yang bisa dilakukan setelah bangun tidur. Contohnya bisa dilihat di bawah ini. Well, kelihatannya simpel banget lho! Tapi akan sangat bermanfaat kalau bisa dilakukan setiap hari. Setelah itu baru deh mulai cari referensi olahraga lainnya yang lebih tinggi levelnya. lol

2. Bersih-bersih kamar
Jujur deh, selama ini pasti ada kan bagian dari kamar yang nyaris gak pernah tersentuh saking gak ada waktu yang cocok buat memulai? Kalau aku ada bangeeet! Ada sudut yang isinya tas-tas yang mostly udah gak terpakai, akhirnya aku coba keluarin satu-satu untuk dicuci. OMG ternyata kotor banget! Seneng akhirnya debu-debu penuh dosa itu terangkat keluar dari kamarku. Selain itu, aku juga lebih rajin untuk pakai vacuum cleaner di kamar. Biasanya sebulan sekali, sekarang 3 hari sekali. Wow!

3. Dekor ulang kamar
Poin ini agak sulit sebenarnya, tapi perlu dilakukan demi kenyamanan selama WFH. Hal terminimal yang bisa dilakukan adalah jaga kebersihan dan kerapian aja jadinya mood bisa bagus terus selama kerja. Padahal sebenarnya ingin juga ada meja dan kursi baru dll. Tapi jadi mikir lagi, kalau beli meja dan kursi online mengharuskan kurir untuk antar paketnya kesini. Terus kasian aja membuat kurirnya harus berisiko terpapar virus-virus nakal selama perjalanan. Oke maaf ini terlalu kedaleman, seharusnya nggak begini banget. Skip kak.

4. Baca buku yang belum selesai dibaca
Kalau kamu sering nggak sih kalap beli banyak buku lalu numpuk aja di rak tanpa tau kapan mau dibaca? Kalau aku sering banget! Bahkan jumlah to be read-ku mungkin sudah menyentuh angka 10. Jadinya aku mulai memilih buku mana yang ingin aku baca, itupun gak bisa langsung satu chapter habis dalam sehari. Mungkin selanjutnya aku mau bikin review buku ya di blog, kangen juga! Hehehe.. Oh ya ngomong-ngomong soal buku, kita bisa juga lho baca buku digital secara gratis di iPusnas. Koleksinya cukup update juga, yuk cek di App Store kamu. :D

5. Dengerin podcast seru
Selama WFH, suka ngerasa perlu ngobrol sama orang gak? Walaupun rada introvert, jujur kangen juga lho kerja di kantor sambil bercandaan. Sebagai gantinya, aku membiasakan diri untuk kerja sambil dengerin podcast yang seru-seru di Spotify. Jadinya terasa ada teman ngobrol terus. Biasanya aku lebih suka dengerin podcast yang temanya tentang traveling dan cerita-cerita keseharian yang bisa bikin mood naik. Jangan dengerin yang sedih-sedih ya plis, keep yourself happy in this kind of situation. :)

6. Skincare-an
Ini nih yang paling ajaib cukup bikin happy. Biasanya jarang meluangkan waktu untuk sekadar scrub muka atau pakai sheet mask, sekarang semua bisa! Well, seru juga lho kerja sambil pakai sheet mask haha! Asli nih, karena memang kondisinya gak bisa keluar rumah untuk ke salon/klinik, jadi manfaatkan yang ada di rumah aja ya. Ternyata menyenangkan juga kok.

7. Melakukan hobi
Aku yakin kalau semua orang pasti punya hobi, udah pro ataupun nggak ya. Misalnya aku yang suka main watercolor walaupun sampai sekarang belum jago-jago juga sih. Selama di rumah, aku selalu meluangkan waktu untuk melukis di drawing book yang nyaris habis lembar halamannya. Asli seneng banget, rasanya jadi pengen belajar terus supaya hasilnya bisa layak buat dipublish ke banyak orang. :D

Kira-kira apalagi ya? Melakukan pekerjaan domestik di rumah? Itu mah wajib ya, guys. Kapan lagi kita dikasih kesempatan bisa kerja sambil tetep meningkatkan hubungan dengan keluarga. Semoga tetap semangat ya untuk beraktivitas di rumah, sampai akhirnya kondisi di luar sudah kembali kondusif. Yuk ingatkan orang-orang di sekitar untuk #dirumahaja untuk meringankan beban saudara-saudara kita di luar rumah!
See you in the next post.. :)

No comments:

 
Designed by Beautifully Chaotic