Saturday, June 6, 2020

Rata Journey : Pengalaman Pertama Pakai Clear Aligner Rata.id

Teeth Aligner Rata
Teeth Aligner Rata
Halo, assalamualaikum guys! Kali ini mau ceritain salah satu kegiatan baru yang aku lakukan selama quarantine di rumah. Bagi yang berteman sama aku di Instagram, pasti udah sempat beberapa kali lihat story soal Rata yah. Aku mau coba ceritain pengalamanku dari awal.

Sebelumnya aku memang sudah lama ada rencana memakai braces (kawat gigi) untuk memperbaiki posisi gigi. Tapi atas pertimbangan satu dan lain hal, akhirnya aku gak jadi pasang braces. Sementara itu, belakangan ini aku cukup sering mendengar soal Rata, clear aligner produksi lokal yang fungsinya sama seperti braces. Setelah cukup banyak membaca dan menonton ulasan orang-orang yang lebih dulu memakainya, aku jadi semakin tahu soal produk ini. Akhirnya setelah yakin dan dapat persetujuan dari orang tua, aku mulai menghubungi CSnya Rata.


7 Mei 2020 - Konsultasi ke CS RATA
Setelah lihat promo yang muncul pada feed Instagram-nya Rata, aku mulai tergerak untuk menghubungi CS melalui Whatsapp. Informasi yang aku dapatkan melalui konsultasi ini berupa mekanisme promo yang sedang berlangsung serta mekaanisme konsultasi online dengan dokter RATA. Setelah itu, aku memberikan keterangan mengenai kondisi gigi aku serta keluhan yang aku rasakan untuk dapat ditangani. Tidak lama kemudian, dokter memberikan evaluasi berupa penjelasan mengenai kasus gigi aku dan apakah dapat ditangani oleh Rata. Dikarenakan kasus gigi aku termasuk dalam kasus ringan-sedang, jadi bisa ditangani oleh Rata. Yeay! Keesokan harinya, aku melakukan payment untuk melanjutkan penanganan.

12 Mei 2020 - Konsul ke Dokter RATA
Satu hal yang membuatku yakin terhadap Rata adalah karena hampir segala prosesnya dapat dilakukan di dalam rumah, apalagi saat ini aku masih belum berani keluar rumah kalau bukan untuk hal urgent hehe. Sebagai awal, aku melakukan konsultasi dengan dokter Rata melalui Zoom. Pada konsultasi awal ini, aku diberikan penjelasan lebih lengkap mengenai penggunaan aligner Rata dan perawatan tambahan apa yang kemungkinan perlu aku lakukan untuk memaksimalkan hasil akhir. Pada kasus gigi bawah aku yang crowded, sepertinya perlu dilakukan slicing untuk memberikan jarak agar gigi dapat bergerak mencapai posisi yang diharapkan. Setelah aku setuju, proses dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

15 Mei - Cetak Gigi!

Pada 13 Mei, aku dikirimkan sepaket alat untuk cetak gigi yang berisi 8 adonan serta 4 sendok cetak. Paket ini dipersiapkan untuk aku melakukan cetaak gigi pada 15 Mei dipandu oleh dokter Rata melaalui Zoom. Wow excited sekaligus deg-degan sih rasanya. Karena kondisinya lagi puasa juga kan πŸ˜‚ Tapi karena dokternya cukup jelas dalam memberikan panduan, akhirnya aku berhasil cetak gigi setelah percobaan gagal sekali. Rasanya kayak main Play Doh! Seru! Menurutku prosses cetak gigi ini merupakan salah satu tahapan yang paling penting. Jadi, pastikan untuk mengikuti prosedur dengan baik ya. Sehingga hasil cetakannya benar-benar sesuai dengan kondisi gigi kamu. Karena nantinya akan berpengaruh ke aligner yang akan dipakai berminggu-minggu ituuu.. Hihi...
Setelah selesai proses cetak giginya, paket akan kembali dijemput oleh kurir Rata untuk segera dilanjutkan prosesnya.

19 Mei - Dikirimin Video AI Pergerakan Gigi
Sebelumnya aku dijanjikan untuk dikirimkan video Artificial Intelligence (AI) pergerakan gigi paling lambat 3 minggu setelah hasil cetak gigi diterima. Tapi surprisingly, videonya dikirim jauh lebih cepat dari perkiraan. Alhamdulillah gaes, sebelum Lebaran udah sampai! Haha. Dengan kecanggihan  teknologi seperti video AI ini cukup membuatku tambah yakin dengan Rata. Soalnya kondisi gigi yang ada di video super persis dengan kondisi gigi asliku. Keren euy.. Setelah aku konfirmasi dengan pergerakan gigi yang telah direncanakan oleh dokter melalui video tersebut, maka proses pembuatan alignerku akan segera dimulai. Yay! Menurut informasinya, aku akan dapat 5 aligner untuk gigi atas dan 12 aligner untuk gigi bawah. Jadi butuh waktu sekitar 3 bulan untuk mencapai hasil akhir yang sudah direncanakan tadi.

21 Mei - Training Set Aligner

Hari ini aku dikirimkan training set aligner, untuk memastikan apakah alignernya sudah fit dengan gigi. Paket yang aku terima berupa sepasang aligner, chewies, dan petunjuk pemakaian. Langsung aku coba memakai alignernya, ternyata fit banget. Ini semua tergantung dari proses cetak gigi yah, alhamdulillah kemarin hasilnya bisa sesuai karena aku berusaha gak gerak-gerak sama sekali ketika cetak. Dikarenakan aku berusaha mau mengadaptasikan penggunaan aligner pada gigi, akhirnya aku coba pakai selama seminggu. 2 hari pertama sih wow banget! Karena setiap orang punya toleransi rasa sakit yang beda-beda, buat aku sih lumayan ngilu karena gigi diminta untuk bergerak. Tapi setelah hari kedua, jauh lebih nyaman. Pada hari ketujuh, jujur efeknya kelihatan sih guys! πŸ˜‚Padahal ini baru training set.

5 Juni 2020 - Aligner Tiba
Akhirnya! Super excited to open the red box!! Aku dapat 3 set aligner pertama, yeay! Tapi semua tetap dalam panduan dokter yah. Setelah itu aku dibuatkan jadwal konsultasi dengan dokter untuk pemasangan aligner pada 8 Juni 2020. Penasaran gak? Aku aja penasaran haha. Karena ini bener experience baru banget buat aku. Kedepannya mungkin aku bakal update untuk perkembangannya ya guys di postingan selanjutnya. Doakan semoga lancar yah! πŸ˜ƒ

Untuk teman-teman yang juga mau mencoba menggunakan Rata, bisa pakai promo code dari aku supaya bisa dapat potongan harga Rp2.500.000. Sehingga kamu cuma perlu bayar Rp.7.500.000 dan free retainer lho. Good luck and stay healthy yah!

3 comments:

fistianty sheila said...

Updatenya gimana kaka 😁

Retno Andini said...

@fistianty sekarang lagi pakai aligner ke-5, alhamdulillah works :D bulan depan aku update hasil akhirnya yah kalau udah selesai

Ben said...

Total biaya yang dikeluarkan berapa ya mbak selama perawatan di Rata?

 
Designed by Beautifully Chaotic