Sunday, October 18, 2020

Rata Journey : Pengalaman Pertama Pakai Clear Aligner Rata.id PART 2

Halo, assalamualaikum teman-teman! Menyambung postingan sebelumnya soal Rata Journey, aku ingin update perkembangannya nih setelah sekitar 15 minggu menggunakan full set aligner dari Rata. Aku mulai dari bulan Juni ya!

Rata Journey

8 Juni 2020 - Video Consultation dengan Dokter

Setelah mendapatkan tiga aligner pertama dari Rata, aku dijadwalkan untuk melakukan konsultasi awal pemakaian aligner dengan dokter. Pada sesi konsultasi ini, dokter memberikan penjelasan mengenai apa saja yang aku dapatkan dari Rata, yaitu 3 set aligner, chewies, dan casing Rata. Selain itu, aku juga diberikan penjelasan mengenai langkah awal penggunaan aligner serta bagaimana perawatannya. Pada sesi konsultasi ini, aku juga diinfokan kalau akan ada treatment tambahan berupa slicing untuk memberikan jarak pada gigi yang crowded agar dapat bergerak sesuai yang diharapkan. Sehingga admin Rata pun langsung melakukan konfirmasi untuk membuat appointment visit ke Klinik Rata.

Kalau ditanya, gimana rasanya pakai aligner set pertama? Tentunya agak gak nyaman, karena terasa banget menekan beberapa sisi gigi yang memang jadi fokus pergerakan. Rasa nggak nyaman ini hanya bertahan sampai hari ketiga, karena setelah itu gigi sudah beradaptasi dengan bentuk alignernya, alias gigi mulai bergerak. Yeay!

29 Juni 2020 - Slicing di Klinik PURE Dental

Sesuai hasil appointment, aku datang ke Klinik Pure Dental sekitar jam 4 sore. Saat itu rasanya cukup was-was untuk datang ke klinik di tengah suasana pandemi. Tapi, senangnya mengetahui PURE Dental menerapkan protokol kesehatan pada pelayanannya. Seperti misalnya ada pengecekan suhu untuk tiap calon pasien yang datang. Dan tentunya, kita tidak akan bertemu banyak orang pada satu waktu dikarenakan semua konsultasi sudah diatur dengan appointment.

Setelah melakukan registrasi, aku masuk ke salah satu ruangan dokter. Dan rasanya deg-degan sih! Secara udah lebih dari setahun deh gak dateng ke dokter gigi. :( Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokternya dengan menggunakan APD lengkap, ternyata gigiku perlu dilakukan tindakan scalling dulu sebelum slicing. Rasanya scalling? WOW ngilu seperti biasa. Di dalam ruangan, ada speaker yang sengaja dinyalakan untuk membuat suasana tidak terlalu menakutkan. LOL. Tapi ngilunya tetep gak berkurang sih, guys! 

Ketika selesai scalling, tentu rasanya fresh banget dan lega karena 15 menit ini sudah berlalu. Haha! Kemudian langsung masuk ke tindakan slicing yang ternyata gak ada sakit-sakitnya, bahkan gak terasa. Tapi jangan seneng dulu! Ada satu tahapan terakhir setelah tindakan ini selesai, yaitu pasang aligner selanjutnya! Another level of ngilu. Karena rasanya sulit dijelaskan. :p

Menjalani hari-hari dengan Rata, menjadi suatu hal yang baru buatku untuk terus belajar adaptasi. Karena, aku punya beberapa kebiasaan baru yang dilakukan supaya hasil akhirnya bisa maksimal. Di antaranya adalah:

1. Rajin sikat gigi

Setiap selesai makan berat ataupun ngemil, tentunya aku harus sikat gigi dulu untuk memastikan gigi benar-benar dalam kondisi bersih sebelum memakai aligner lagi. 

2. Obat kumur penyelamat!

Satu lagi kebutuhan baruku yang terasa penting banget saat pemakaian Rata. Kadang bisa jadi pengganti kegiatan sikat gigi ketika lagi malas haha! Walaupun agak sulit juga nyari obat kumur yang cocok. Lastly, aku pakai obat kumur Betadine yang paling terasa efeknya. Cobain juga deh!

3. Dental floss is a hack!

Kalau lagi ngerasa gak yakin, apakah gigi sudah benar bergerak sesuai yang diperkirakan, aku selalu pakai dental floss. Biasanya aku gunakan sebelum ritual sikat gigi di malam hari.

Lama kelamaan, aku jadi terbiasa dengan kebiasaan baruku. Menggunakan aligner hampir seharian. Dilepas kalau lagi makan aja, malah kadang jadi ngurangin ngemil. Tapi tetep gak bikin kurus kayak pakai behel gitu guys! Setelah menjalani 16 minggu pemakaian aligner Rata, aku merasa kalau rasa sakit pemakaian alignernya hanya terjadi di aligner pertama dan kedua saja. Setelahnya aman banget.

Aligner Terakhir dari Rata

Pada penggunaan aligner terakhir di bulan September, aku merasa masih ada gap antar gigiku yang telah dilakukan tindakan slicing. Akhirnya aku menghubungi CS Rata, dan direkomendasikan untuk konsultasi online dengan dokter terlebih dahulu.

20 September 2020 - Video Consultation dengan Dokter

Sebelum melakukan konsultasi online, aku diminta untuk mengirimkan foto kondisi gigi setelah selesai menggunakan seluruh aligner yang diberikan oleh Rata. Pada waktu konsultasi, aku juga menyampaikan soal masih adanya gap di beberapa gigi yang sudah dilakukan slicing sebelumnya. Sehingga, dokter pun menyarankan untuk datang kembali ke Klinik Rata agar dilakukan pencetakan gigi kembali untuk aligner tambahan. Setelah itu, CS Rata membuatkan appointment untuk kunjungan ke Klinik PURE Dental, sesuai yang aku inginkan.

24 September 2020 - Pencetakan Gigi di Klinik PURE Dental

Kali ini aku nggak begitu deg-degan seperti pada kunjungan sebelumnya. Setibanya di ruangan dokter, ternyata aku disarankan untuk kembali di-scalling sebelum pencetakan gigi untuk refinement aligner. Baiklah, kita scalling lagi. Huhu.

Setelah selesai melakukan scalling dan pencetakan gigi, aku diinfokan agar menunggu aligner refinement sekitar 2 minggu untuk dikirimkan ke rumah oleh kurir Rata.

14 Oktober 2020 - Aligner Refinement Tiba

Aligner Refinement Rata

Melihat paket yang datang, ada 5 aligner untuk gigi atas dan 3 aligner untuk gigi bawah yang perlu aku gunakan. Wah, perjalanan masih panjang ternyata guys! Saat mengetik postingan blog ini, aku masih menggunakan set aligner pertama.

Doakan semoga semua berjalan lancar, nantinya aku akan kembali memberi update kelanjutan Rata Journeyku. Sampai ketemu lagi! ;)



No comments:

 
Designed by Beautifully Chaotic