Monday, June 6, 2022

Review Teratu Brightening & Dark Spot Serum dan Phytocell Skin Treatment Essence

Review Teratu Brightening & Dark Spot Serum dan Phytocell Skin Treatment Essence
Review Teratu Brightening & Dark Spot Serum dan Phytocell Skin Treatment Essence

Hola, girls! Setelah sekitar 2 tahun nggak update penggunaan skincare, ternyata pandemi membuatku mulai explore lagi skincare baru yang cocok dengan semakin banyaknya kebutuhan kulitku :p Masih bertekad untuk less make up, more skincare dong mumpung wajah masih setengah tertutup masker. Kali ini aku mau share skincare yang sudah kugunakan 2 bulan terakhir dari Teratu. Salah satu brand lokal yang lumayan hype di media sosial dan penjualannya di e-commerce cukup bikin aku tambah penasaran. Is it that worth it?

Aku mencoba produk serum dan essence sekaligus dari Teratu supaya hasilnya lebih terasa. Ketika produknya sudah kuterima di rumah, packaging-nya aja udah cukup bikin aku ngerasa takjub. Pada kemasannya, terdapat unsur Indonesia yang dituangkan dalam visual wayang seperti pada gambar di atas. Dan hal lain yang nggak kalah penting, produk ini sudah terdaftar di BPOM sehingga sudah dipastikan aman ya, girls! Oke, aku memulai untuk review produk serumnya dulu ya!

Teratu Brightening & Dark Spot Treatment Serum

Teratu Brightening & Dark Spot Treatment Serum
Teratu Brightening & Dark Spot Treatment Serum

Sesuai dengan namanya, serum ini di-klaim memiliki formula untuk membantu mencerahkan kulit, melembabkan, menyamarkan noda bekas jerawat dan noda hitam sehingga wajah tampak cerah merata. Pas banget sama kondisi kulit wajahku yang kering dan memiliki noda hitam, hope this serum helps! Satu hal yang kusukai dari official store-nya Teratu di e-commerce, mereka memberikan informasi yang lengkap tentang kandungan dan sekaligus manfaat dari kandungan utamanya. Berikut merupakan ingredients dan benefitnya dari produk ini:

Ingredients

Aqua, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin, Sodium Pca, Alpha-Arbutin, Centella Asiatica Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Lactobacillus/Collagen/Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Arisaema Amurense Extract, Allantoin, Hydrolyzed Collagen, Decyl Glucoside, Tranexamoyl Dipeptide23, Polyglutamic Acid, Arbutin, Sodium Hyaluronate, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffuticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glutathione, Sodium Acetylated Hyaluronate, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Disodium Edta, 1-2-Hexanediol, Citric Acid, Sodium Sulfite, Capryly Glycol, Ethylhexylglycerin.

Benefit

  • Alpha Arbutin : anti inflamasi, membantu menenangkan kulit, memiliki sifat antibakteri sehingga membantu meredakan jerawat, membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan radikal bebas,
  • Melazero : memutihkan dalam waktu singkat (2 minggu) menghambat sintesis melanin, gentle, dan cenderung tidak menyebabkan iritasi, menghambat pembentukan dark spot,
  • Tranexamoyl dipeptide-23 : berperan dalam memberikan efek mencerahkan kulit, membantu mengurangi gejala alergi (anti-inflamasi), dapat membantu mengurangi bintik-bintik pada kulit
  • Niacinamide : sebagai anti-aging, memperbaiki skin barrier, mencerahkan, mengatasi hiperpigmentasi dan menyamakan warna kulit, membantu menyamarkan garis dan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit (kenyal),
  • Multifunctional Whitening Agent : (Peony Root Extract, Chinese Skullcap Extract, Saxifrage Sarmentosa Extract, Acetly Tyrosine, Arbutin, Glutathione, Vitamin C) Efektif menghambat pembentukan melamin berlebih tanpa efek samping. Mampu meminimalisir pembentukan noda hitam pada kulit dan mencerahkan & meratakan tone kulit.
Nah, dari sederetan ingredients dan benefit yang ditawarkan serum ini kelihatannya pas banget kan sama kita-kita yang mulai kembali beraktivitas di luar ruangan dengan situasi post-pandemic life kayak sekarang. Mulai kembali lagi terpapar sinar matahari selama perjalanan di kantor, sesampainya di kantor harus terpapar AC berjam-jam, then repeat. 😂 Kulit wajah kita jadi perlu melakukan adaptasi lagi seperti sebelum pandemi terjadi dan mengubah banyak kebiasaan. Senangnya terdapat kandungan Alpha Arbutin pada serum ini sebagai pelengkap kebutuhan kulitku yang takut dengan paparan sinar UV.

 
Teratu Brightening & Dark Spot Treatment Serum
Teratu Brightening & Dark Spot Treatment Serum


Cara Pakai

1. Tuangkan serum secukupnya 2-5 tetes untuk seluruh wajah. 
2. Baurkan secara perlahan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. 
3. Dapat digunakan setiap hari, pagi dan malam. 

Selama dua bulan, aku menggunakan serum ini pada pagi dan malam hari. Pada tiap pemakaian, biasanya aku hanya menggunakan 2 tetes untuk melihat terlebih dahulu apakah serum ini cocok dengan kulitku. Selama penggunaan, aku merasa dimudahkan dengan bentuk aplikator pipetnya seperti pada gambar di atas. Sehingga dipastikan nggak ada serum yang berceceran karena aplikatornya udah pas banget. Kalau dari teksturnya, serum Teratu ini cenderung cair sehingga lebih mudah meresap ke kulit. Selain itu, serum ini juga nggak memiliki aroma which is my type yaa. Aku kurang suka skincare yang beraroma.


Efek Pemakaian
Setelah dua bulan pemakaian, aku merasa wajahku jauh lebih lembab dan terhidrasi dengan baik. Sebelumnya wajah aku cukup kering dan semakin parah kalau habis terkena paparan sinar matahari, sekarang udah nggak perlu setakut itu deh sama sinar matahari karenaa perlindungannya yang ditambahin dari serum ini. Tentunya bikin aku jadi lebih yakin untuk menggunakan serum ini untuk jangka panjang.

Teratu Brightening & Dark Spot Treatment Serum


Teratu Phytocell Skin Treatment Essence
Teratu Phytocell Skin Treatment Essence

Nah, kali ini saatnya review produk kedua yang kucoba dari Teratu yaitu essence. Masih dengan kemasan Teratu yang khas banget dengan gambar wayangnya, essence ini dikemas dalam botol kaca doff dengan model pump untuk mengeluarkan produknya. Selama ini, aku belum pernah menemukan esssence yang cocok di wajahku. Jadi makin penasaran deh, kira-kira bakal cocok nggak yah pakai essence-nya Teratu? Sesuai dengan informasinya yang lengkap pada kemasan, berikut ini merupakan ingredients dan benefit yang diklaim produk satu ini:
Ingredients
Aqua, Propylene Glycol, Niacinamide, Pentylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Centella Asiatica Extract, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract, Galactomyces Ferment Filtrate, Propanediol, Ceramide NP, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Hyaluronic acid, Ethylhexylglycerin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Phenoxyethanol, Tranexamic Acid, Allantoin, Collagen, Malus Domestica Fruit Cell Culture Extract, Lecithin, Xanthan gum, Disodium EDTA, Hydroxyethylcellulose, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol.

5 in 1 Function
  • Increase regenerative potential of the skin (phytocelltec apple stem cell dari swiss)
  • Hydrating & improve skin barrier (ceramide, hyaluronic acid, & collagen)
  • Anti aging (galactomyces ferment filtrate)
  • Brightening (niacinamide, licorice, & tranexamic acid)
  • Soothing (centella asiatica, aloe vera, allantoin)
Kalau dari komposisinya, terlihat essence ini memang berfokus untuk memperbaiki skin barrier, mencerahkan, menenangkan, dan tentunya untuk anti aging. Usia boleh nambah, tapi wajah maunya stay young forever nggak sih? 😆✌ Again, 5 in 1 function ini cukup menjawab keresahan kita-kita yang berada pada fase "Harus level up skincare gak ya gue?"
 
Teratu Phytocell Skin Treatment EssenceTeratu Phytocell Skin Treatment Essence


Cara Pakai
  • Teteskan essence secukupnya pada telapak tangan
  • Aplikasikan pada kulit wajah dalam keadaan bersih
  • Ratakan essence pada seluruh wajah
  • Tepuk tepuk agar essence terserap maksimal
Dengan mengikuti cara pakai yang dianjurkan Teratu, aku menggunakan essence ini tiap pagi dan malam berbarengan dengan serumnya. Ternyata efek yang dihasilkan ketika kedua produk tersebut digunakan memang berbeda sekali. Wajahku terasa jauh lebih lembab dan plumpy, dibandingkan ketika hanya menggunakan serumnya.
Teratu Phytocell Skin Treatment Essence


Efek Pemakaian
Essence ini berdampak pada kelembapan dan kekenyalan kulitku selama pemakaian lebih dari sebulan. Sayangnya, aku juga sempat mengalami munculnya jerawat kecil-kecil ketika menggunakan essence ini. Aku belum tau juga apakah karena ada salah satu kandungannya kurang cocok denganku atau hanya sebagai proses purging di awal. Sehingga aku sempat berhenti menggunakan essence namun melanjutkan penggunaan serumnya. 

Untuk kamu yang juga tertarik dengan produk Teratu, bisa juga lho langsung menuju official store Teratu Beauty di Shopee. Meskipun kemasannya kaca, jangan khawatir ya karena pengemasan mereka sangat oke untuk bisa tiba di rumah kamu dengan utuh! Hihi. Selamat mencoba 😘

2 comments:

Anisa AE said...

Jatuh cinta sama wadahnya yang elegan dan terbuat dari kaca, bening dan ringan ya kayaknya. Soal skincare memang semua orang berbeda-beda, ya, aku suka yang tidak beraroma kalau berurusan sama wajah, hehe. Terima kasih reviewnya!

Retno Andini said...

@Anisa AE iya kak, botolnya elegan bgt dengan packagingnya yg khas Indonesia. Kalau skincare memang cocok-cocokan yaa. Sekalinya cocok, bakal bagus banget di wajah :D

 
Designed by Beautifully Chaotic